9 Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Selasa, 21 Juni 2022 - 16:24 WIB
loading...
9 Makanan yang Baik dan Buruk Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
Makanan yang baik dan buruk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi sangat beragam. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah untuk membangun sel. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan yang baik dan buruk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi sangat beragam. Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan kolesterol tinggi, Anda dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri.

Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke. Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati.

Diet sehat, olahraga teratur, dan obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi. Berikut daftar makanan yang baik dan buruk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi dilansir dari Everyday Health, Selasa (21/6/2022).


Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

1. Stanol dan Sterol

Tanaman Ini adalah senyawa alami yang ditemukan di dinding sel tanaman. Mereka mengganggu penyerapan kolesterol di usus kecil dan dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2012 di Lipids in Health and Disease menemukan bahwa makan 9 sampai 10 gram stanol per hari dapat membantu menurunkan kolesterol jahat lebih dari 17 dan sebanyak 22 persen.

2. Kedelai Protein

Kedelai mengandung isoflavon dan fitoestrogen, yang menghalangi penyerapan kolesterol dan produksi kolesterol baru. Sumber protein kedelai yang baik termasuk tahu, susu kedelai dan edamame.

3. Makanan Berserat Tinggi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)