Perbandingan Gaji Stuntman di Indonesia dan Hollywood, Ada yang Capai Rp3 Miliar

Kamis, 23 Juni 2022 - 17:12 WIB
loading...
Perbandingan Gaji Stuntman di Indonesia dan Hollywood, Ada yang Capai Rp3 Miliar
Stuntmen atau pemeran pengganti menjadi elemen penting dalam produksi film. Stuntman biasanya hadir di film-film bergenre action atau laga. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Stuntman atau pemeran pengganti menjadi elemen penting dalam produksi film. Stuntman biasanya hadir di film-film bergenre action atau laga.

Saat ini kehadiran film di Indonesia maupun dunia sudah berkembang pesat. Genre film juga beragam mulai horor, action, romantic, dan masih banyak lagi. Kesuksesan film tentu tak lepas dari peran aktor dan aktris yang membawa cerita di film tersebut hingga menjadi lebih hidup.

Namun, tahukah Anda, film yang bagus dan dramatis juga dipengaruhi oleh peran stuntman? Di mana biasanya seorang stuntman bakal menggantikan aktor utama untuk melakukan berbagai adegan berbahaya dan penuh aksi.



Stuntman lazimnya hadir di film-film Indonesia dan juga Hollywood. Mereka disebut sebagai pemeran pengganti para aktor dan aktris di film, sinetron, ataupun iklan untuk adegan penuh risiko. Biasanya para stuntman ini memang sudah sangat terlatih di bidangnya dan suka dengan tantangan.

Memiliki risiko yang sangat berbahaya, banyak orang yang bertanya mengenai gaji atau upah dari stuntman di Indonesia dan juga di Hollywood.

Dilansir dari laman pilihprofesi.com, Kamis (23/6/2022), ternyata penghasilan stuntman itu bervariasi, tergantung tingkat kesulitan dan risiko sebuah adegan.

Perbandingan gaji stuntman di Indonesia dan Hollywood sangat berbeda. Gaji stuntman di Indonesia lebih kecil dibanding di Hollywood, namun mereka bisa menghasilkan puluhan juta dalam satu bulan.



Di Indonesia sendiri, gaji stuntman untuk iklan adalah Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per hari. Sedangkan untuk film sekitar Rp1 juta per hari. Sementara itu, untuk sinetron berkisar Rp500 ribu hingga Rp700 ribu. Tarif tersebut bisa naik jika aksi yang dilakukan memiliki tingkat risiko yang tinggi.

Di Hollywood, gaji seorang stuntman mencapai angka fantastis. Biasanya stuntman di sana disediakan untuk melakukan aksi di film action. Rata-rata mereka mendapat upah mencapai angka USD70.000 atau sekitar Rp1,02 miliar per tahun. Sedangkan untuk pemula, stuntman biasanya mendapatkan bayaran sebesar USD5.000 atau sekitar Rp72,92 juta per tahun.

Bahkan ada stuntman yang melakukan adegan melompat dari CN Tower di Kanada dengan ketinggian mencapai 533 meter mendapat honor hingga USD150.000 atau sekitar Rp2,18 miliar. Ada juga yang digaji USD250.000 USD atau sekitar Rp3,64 miliar per tahun.

Itulah perbandingan gaji stuntman di Indonesia dan Hollywood. Perbedaannya memang cukup signifikan, namun bisa dilihat juga risiko serta kesulitan yang dijalani.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)