3 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi saat Libur Sekolah

Jum'at, 24 Juni 2022 - 16:59 WIB
loading...
3 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi saat Libur Sekolah
Tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi saat libur sekolah sebetulnya cukup banyak. Diantaranya Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi saat libur sekolah sebetulnya cukup banyak. Namun hanya beberapa saja yang mungkin direkomendasikan, khususnya yang memiliki sifat edukasi.

Seperti diketahui, musim liburan sekolah telah tiba. Tak sedikit para orang tua yang ingin mengajak buah hati untuk berekreasi.

Namun banyak juga yang bingung tempat wisata mana yang cocok untuk rekreasi tanpa mengabaikan kegiatan edukasi. Berikut adalah tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi saat liburan sekolah.

1. Museum
3 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi saat Libur Sekolah

Meskipun terdengar biasa, namun museum sangat cocok dipilih untuk dijadikan destinasi wisata saat libur sekolah. Di Jakarta sendiri, museum sudah banyak tersebar dan bisa menjadi ajang belajar bagi para buah hati. Menurut data yang dimiliki BPS, jumlah museum di DKI Jakarta ada 8 buah. Dengan rincian, 5 museum tentang arkeologi dan sejarah serta 3 museum seni rupa.



Apabila jenuh dengan museum yang menyimpan informasi sejarah, museum bernuansa seni rupa bisa dipilih. Contohnya adalah Museum Macan yang berada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Berbagai macam lukisan dan karya seni lain dipamerkan di sini. Satu hal yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan adalah keberadaan infinity mirrored room, yang berisi kaca dengan berbagai lampu warna-warni. Untuk memasuki tempat ini, pengunjung harus mengantre karena peminat museum ini cukup banyak.

2. Taman Safari
3 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi saat Libur Sekolah

Destinasi wisata lain yang direkomendasikan adalah Taman Safari. Belajar mengenai satwa dengan segala jenis dan kehidupannya memang sangat penting bagi anak. Edukasi ini kemudian bisa membantu anak untuk mengenal, mengerti, bahkan mempelajari kehidupan di alam bebas. Taman Safari di Indonesia terdapat di beberapa lokasi, seperti Bogor, Prigen, Bali, dan Batang.

Salah satu Taman Safari yang dijuki Afrika-nya Indonesia adalah Taman Safari Prigen, Jawa Timur. Lokasi ini adalah salah satu taman konservasi yang dimiliki oleh Taman Safari Indonesia. Berada di atas lahan seluas 350 hektare, Taman Safari Prigen bahkan lebih luas dibandingkan dengan lokasi yang ada di Cisarua, Bogor dan Bali. Di Prigen, anak-anak bisa mendapatkan edukasi sekaligus berekreasi tentang seluruh jenis hewan. Bahkan ada beberapa program menarik, seperti Animal Educational Show, Safari Adventure, dan berbagai jenis atraksi satwa kelas dunia.

3. Monumen Nasional (Monas)
3 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi saat Libur Sekolah

Menjadi ikon kota Jakarta, Monas adalah tempat yang tepat dijadikan tujuan kala libur sekolah. Melansir Sindonews, ada 3 ruangan utama yang wajib dikunjungi para wisatawan. Ruangan-ruangan tersebut adalah ruangan museum sejarah, ruang kemerdekaan, dan puncak tugu.

Di ruang museum sejarah, pengunjung bisa melihat 51 diorama atau jendela peragaan yang menggambarkan sejarah Nusantara, dari mulai masa nenek moyang hingga kemerdekaan. Bahkan, ada juga kisah saat masyarakat Indonesia mempertahankan kemerdekaan sampai masa Orde Baru. Para pengunjung pun bisa mendengarkan suara Presiden Soekarno saat membacakan naskah proklamasi.

Selanjutnya, pengunjung bisa ke ruang kemerdekaan di dalam cawan tugu. Ruangan ini memiliki bentuk amphitheater dengan 4 atribut kemerdekaan. Contohnya adalah peta kepulauan Indonesia, pintu gapura yang berisi naskah proklamasi kemerdekaan, dan lambang Bhineka Tunggal Ika.

Terakhir, adalah puncak tugu yang paling menjadi favorit. Lokasi ini terletak di ketinggian 115 meter dengan ukuran 11x11 meter. Untuk bisa mencapai lokasi ini, pengunjung harus naik menggunakan lift berkapasitas hanya 11 orang. Pelataran tugu ini mampu menampung 50 orang. Pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dengan sangat leluasa. Sebab, disediakan 4 teropong di setiap sudut pelataran.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)