Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Salam, Ini Langkah-Langkah Meraciknya

Minggu, 26 Juni 2022 - 18:55 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Salam, Ini Langkah-Langkah Meraciknya
Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengonsumsi rempah-rempah, salah satunya daun salam. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengonsumsi rempah-rempah, salah satunya daun salam . Ya, manfaat daun salam bagi kesehatan sudah menjadi rahasia umum. Salah satunya untuk menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam tubuh.

Secara umum daun salam kerap digunakan sebagai bahan dapur untuk melengkapi masakan. Namun, selain itu, daun ini juga diketahui mampu memberikan manfaat kesehatan.

Baca Juga: Cara Menurunkan Kolesterol dengan Jeruk Nipis, Ini Penjelasannya

Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis kolesterol yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Jenis kolesterol yang sering menjadi penyebab masalah kesehatan adalah kolesterol jahat atau LDL.

Sebuah penelitian yang dirilis di jurnal AIP Conference Proceedings menunjukkan bahwa daun salam mengandung flavonoid seperti quercetin, myricetin, dan myricitrin. Flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan yang banyak terkandung di dalam cokelat.

Antioksidan itu sendiri bekerja untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Manfaatnya bagus untuk kesehatan, yakni mampu meningkatkan kolesterol baik. Zat flavonoid juga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga: Apakah Lele Mengandung Kolesterol? Ini Faktanya

Sementara itu, mengutip laman Health Beat, daun salam dapat pula dijadikan sebagai pengganti minuman teh. Daun salam kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. penyertaan daun salam secara teratur dalam makanan bisa meningkatkan kesehatan umum.

Nah, buat Anda yang ingin menurunkan kolesterol dengan terapi daun salam, berikut langkah-langkah meraciknya guna dijadikan minuman. Selamat mencoba!

Bahan:

- 1/2 liter air
- 3 lembar daun salam
- 1 lemon besar atau 2 lemon kecil, ambil jusnya

Cara Membuat:

1. Tempatkan bahan-bahan secara bersamaan di dalam panci, didihkan.
2. Minum setelah dingin.
(tsa)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2406 seconds (11.97#12.26)