Ciri-Ciri Tumor Otak pada Anak, Termasuk Sering Pusing?

Selasa, 28 Juni 2022 - 10:01 WIB
loading...
Ciri-Ciri Tumor Otak pada Anak, Termasuk Sering Pusing?
Tumor otak pada anak ciri-cirinya perlu diketahui oleh orangtua. Terlebih jika anak kerap mengeluhkan sakit di kepala. Foto Ilustrasi/via Businessfortnight
A A A
JAKARTA - Tumor otak pada anak ciri-cirinya perlu diketahui oleh orangtua. Terlebih jika anak kerap mengeluhkan sakit di kepala. Tapi, benarkah sering pusing termasuk gejala tumor otak?

Anda perlu tahu dulu bahwa diagnosis tumor otak bukan perkara mudah. Pasien harus melakukan serangkaian pemeriksaan medis untuk mendukung penilaian diagnosis yang dilakukan dokter.

Menurut laman Johns Hopkins Medicine, evaluasi hasil pemeriksaan akan dilakukan oleh dokter anak atau ahli saraf anak. Tes yang paling umum dilakukan adalah pemindaian MRI otak.

Baca Juga: Penyebab Tumor Otak yang Harus Diwaspadai

"Jika hasil scan MRI menunjukkan adanya tumor otak, baru langkah berikutnya adalah konsultasi dengan ahli bedah saraf, karena perawatan akan ditentukan lewat hasil evaluasi menyeluruhnya," terang laman kesehatan tersebut, dikutip Selasa (28/6/2022).

Tak hanya ahli bedah saraf ataupun dokter anak yang terlibat dalam penanganan tumor otak anak, tapi bisa juga ahli onkologi pediatrik, dokter mata, ahli epileptology, ahli onkologi radiasi, dan praktisi lainnya.

Nah, sekarang bicara soal ciri ataupun gejala tumor otak pada anak. Apa saja gejala tersebut?

1. Sakit kepala.

2. Kejang.

3. Mual dan muntah.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1298 seconds (11.252#12.26)