Cara Menurunkan Kolesterol dengan Air Kelapa, Terbukti Ampuh setelah 45 Hari

Kamis, 30 Juni 2022 - 18:39 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Air Kelapa, Terbukti Ampuh setelah 45 Hari
Cara menurunkan kolesterol dengan air kelapa merupakan salah satu upaya alami mengatasi potensi pemicu gangguan kesehatan. Foto/Ilustrasi/MNC Media
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan air kelapa merupakan salah satu upaya alami mengatasi potensi pemicu gangguan kesehatan.

Secara umum minum air kelapa menjadi bagian dari diet sehat, karena membantu tetap terhidrasi sambil rendah kalori dan bebas dari lemak dan kolesterol.

Sebab air kelapa mengandung banyak zat yang manfaat seperti elektrolit kalium, natrium, dan magnesium, dan sebagainya.

Melansir dari Cleveland Clinic bahwa air kelapa adalah 94% air dan bebas lemak dan bebas kolesterol. "Untuk minuman rekreasi, Anda ingin mendapatkan yang tanpa pemanis dan tidak menambahkan natrium," kata Ahli diet Maxine Smith, RDN, LD, dikutip, Kamis (30/6/2022).



Meskipun ada banyak pilihan saat mencari air kelapa di toko bahan makanan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencobanya, antara lain:

* Baca labelnya
Pilih yang mengandung 100% air kelapa dan tidak mengandung tambahan gula atau pengawet.
* Minumlah setelah berolahraga untuk meningkatkan hidrasi.
* Nikmati setiap saat sepanjang hari.
Air kelapa dapat dinikmati dengan perut kosong atau dengan makan.
* Campurkan dengan minuman lain.
* Jika tidak menyukai rasa air kelapa, coba tambahkan ke air soda atau gunakan dalam smoothie.
* Berhati-hatilah jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis atau menggunakan ACE inhibitor karena orang tersebut perlu membatasi potasiumnya.
* Hindari saat sedang hamil.

Smith mengatakan tidak ada cukup penelitian tentang bagaimana air kelapa mempengaruhi individu hamil. Untuk berada di sisi yang aman, yang terbaik adalah menghindar.

Manfaat air kelapa dalam menurunkan kolesterol, diungkapkan dalam sebuah penelitian yang lebih tua dari tahun 2008, peneliti memberi makan tikus diet yang kaya lemak dan kolesterol.

Mereka juga memberi makan satu kelompok air kelapa dosis tinggi (4 ml per 100 gram berat badan). Setelah 45 hari, kelompok itu mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida yang mirip dengan efek obat statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1882 seconds (0.1#10.140)