Tjahjo Kumolo Meninggal usai Berjuang Melawan Infeksi Paru, Kenali Jenis dan Gejalanya

Jum'at, 01 Juli 2022 - 12:08 WIB
loading...
Tjahjo Kumolo Meninggal usai Berjuang Melawan Infeksi Paru, Kenali Jenis dan Gejalanya
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022) setelah berjuang melawan infeksi paru. Foto/Sektab
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022). Tjahjo menghembuskan napas terakhirnya di usia 64 tahun setelah berjuang melawan infeksi paru.

Tjahjo meninggal dunia pada pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat. Sebelumnya, posisi Tjahjo sebagai Menpan RB sempat digantikan oleh Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD karena harus menjalani perawatan intensif akibat penyakit yang diidapnya.

Dilaporkan bahwa Tjahko memiliki riwayat infeksi paru-paru. Infeksi yang menyebar hingga ke paru yang dialami Tjahjo Kumolo pun belum diketahui secara pasti jenis penyakitnya.

Namun, bila berbicara soal infeksi paru maka ada beberapa kemungkinan penyakit yang dialami. Misalnya pneumonia, bronkitis, hingga PPOK yang punya komplikasi kanker paru.


Secara detail, di laman Dr Batra's, diterangkan ada 12 jenis penyakit infeksi paru. Kesemuanya punya gejala yang hampir mirip tapi ada kekhasan yang membedakan. Berikut ulasannya.

1. Flu

Penyakit ini akibat virus yang menyebabkan sel-sel yang melapisi saluran dalam hidung dan tenggorokan menghasilkan lebih banyak lendir dari biasanya. Gejala paling umum dari flu antara lain:

Penurunan kemampuan bernapas, peningkatan produksi lendir yang menyebabkan hidung mampet dan batuk, serta demam disertai nyeri tubuh serta kelelahan.

Komplikasi dari flu bisa berupa pneumonia, bronkitis, dan infeksi telinga.

2. Pilek Biasa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3287 seconds (0.1#10.140)