Cara Menurunkan Kolesterol dengan Kacang Hijau, Bisa Dicoba di Rumah

Sabtu, 02 Juli 2022 - 11:50 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Kacang Hijau, Bisa Dicoba di Rumah
Cara menurunkan kolesterol dengan kacang hijau tidak terlalu sulit untuk dilakukan, bahkan siapapun bisa melakukannya di rumah. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan kacang hijau tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Bahkan, siapapun bisa melakukannya di rumah.

Terkenal karena rasanya yang manis dan menyegarkan, kacang hijau dikenal ampuh menurunkan kolesterol .

Pada umumnya, kacang hijau diolah menjadi berbagai hidangan, seperti sup, minuman es, kue, dan lainnya. Sementara, memiliki kolesterol dalam tubuh, tentu bisa memicu berbagai penyakit.

Baca juga: 4 Artis Indonesia yang Menikah dengan Bule dan Tinggal di Luar Negeri

Menariknya, ada penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki sifat dapat menurunkan kolesterol LDL.

Seperti dilansir Healthline, tinjauan dari 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang- kacangan, seperti kacang hijau, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

"Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat). Sementara penelitian pada manusia menghubungkan konsumsi kacang-kacangan lebih tinggi dengan kadar kolesterol LDL lebih rendah," bunyi keterangan di laman Healthline, dikutip Sabtu (2/7/2022).

Selain menurunkan kolesterol, kandungan kacang hijau juga dibuktikan penelitian food & research nutrition, berperan sebagai sumber pangan yang penting bagi manusia dan hewan.

Biji kacang hijau mengandung sekitar 20,97-31,32% protein, dibandingkan dengan 18-22% dan 20-30% untuk kandungan protein dalam kedelai dan kacang merah.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram (g) kacang hijau rebus mengandung 7,02 g protein, 19,15 g karbohidrat (termasuk 2 g gula), dan 7,60 g serat makanan.

Baca juga: Beli Hewan Kurban Lagi, Fuji Berburu hingga ke Serang

Dalam penyajiannya, memasak kacang hijau cukup tambahkan ke air mendidih dan rebus hingga 45 menit. Amati rebusan kacang hijau secara teratur dan angkat setelah mencapai tekstur yang tepat.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1676 seconds (11.210#12.26)