3 Desa dengan Janda Terbanyak di Indonesia, Nomor 2 Tidak Boleh Bawa Laki-laki ke Rumah

Minggu, 03 Juli 2022 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Dengan adanya kompleks ini, banyak sekali para janda yang terbantu setelah suaminya meninggal. Kompleks ini didirikan seorang dermawan bernama Hanif Kamaluddin yang mendapatkan wasiat dari ibunya agar membantu hidup para janda yang tidak mampu.

Hanif akhirnya mendirikan Kompleks Arbain yang berisikan 40 rumah. Sebelum menghuni kompleks ini, para janda akan diperiksa latar belakangnya. Mulai akta nikah, akta cerai, surat kematian suami, dan berbagai dokumen lainnya yang dibutuhkan.

Mereka kemudian harus mematuhi peraturan tidak boleh membawa tamu laki-laki yang bukan keluarganya ke dalam rumah kecuali ada tetangga yang menemani. Sementara mereka yang ingin menikah dipersilahkan untuk meninggalkan kompleks yang berdiri sejak 2001 itu sehingga janda lain yang membutuhkan bisa menempati rumah tersebut.


3. Desa Ciburayut, Bogor

3 Desa dengan Janda Terbanyak di Indonesia, Nomor 2 Tidak Boleh Bawa Laki-laki ke Rumah

Foto/ciburayut-cigombong.desa.id

Desa Ciburayut berada di kaki Gunung Salak, Bogor. Mayoritas janda di desa ini ditinggal meninggal oleh suaminya yang bekerja sebagai penambang pasir di Gunung Salak dan meninggal karena kecelakaan kerja yang terjadi di daerah tambang pasir.

Selain karena kecelakaan kerja, ada juga suami yang meninggal karena sakit. Hal ini membuat jumlah janda di desa ini banyak sekali. Menurut Ade Suryadi selaku tokoh masyarakat setempat mengatakan bahwa jumlah janda yang tinggal di Desa Ciburayut ini mencapai 30 orang.

Sementara jumlah kepala keluarga yang tinggal di desa ini mencapai 65 kepala keluarga. Hal ini menunjukkan hampir 50 persen dari keluarga di desa ini terdiri dari janda. Faktor Pendidikan rendah dan tingginya pernikahan dini juga membuat beberapa janda di desa ini bercerai hingga dua hingga tiga kali.
(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)