Danone Indonesia Luncurkan Kembali PAUD Generasi Maju di Taman Pintar Yogyakarta

Sabtu, 02 Juli 2022 - 18:29 WIB
loading...
Danone Indonesia Luncurkan Kembali PAUD Generasi Maju di Taman Pintar Yogyakarta
Anak-anak antusias bermain di PAUD Generasi Maju Taman Pintar Yogyakarta. Foto/Dok Danone Indonesia
A A A
YOGYAKARTA - Dalam momentum perayaan Hari Keluarga Nasional, Danone Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Yogyakarta meluncurkan kembali PAUD Generasi Maju di Taman Pintar sekaligus penandatanganan kerja sama dan kick off sosialisasi Isi Piringku Yogyakarta.

Hadir dalam acara tersebut Penjabat Walikota Yogyakarta Sumadi, Ketua POKJA Ibu PAUD Yogyakarta Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam X, Ketua Yayasan Pendidikan Integral Satu Bumi (One Earth) Dr. NW Suriastini, M.Phil, Psikolog Anak Dr. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si, Operations Director Danone Specialized Nutrition Indonesia Shahrul Nizam Abdullah, dan Sustainable Development Director Danone Indonesia Karyanto Wibowo.

Sumadi dalam sambutannya mengatakan, menyadari arti penting pembangunan generasi dimulai sejak dini. Untuk itu pihaknya menyiapkan kabupaten-kabupaten layak anak yang aman, tenteram, dan nyaman demi mendukung perkembangan anak.

"Pemerintah Kota Yogyakarta sangat mengapresiasi kontribusi Danone Indonesia dalam mendukung pemerintah untuk membawa kesehatan kepada masyarakat melalui program-program pemenuhan nutrisi dan kegiatan edukasi, salah satunya dengan mendukung sarana dan prasarana edukasi Zona PAUD di Taman Pintar. Hal ini sejalan dengan program kami yaitu memajukan pendidikan dan kesehatan khususnya anak-anak usia dini. Kami berharap wahana ini dapat melengkapi upaya pemerintah dalam menyiapkan ruang publik yang mendukung tumbuh kembang anak," paparnya, Jumat (1/7/2022).

Sejak 2006, Danone Indonesia telah menjadi bagian dari pendukung sarana edukasi di area Taman Pintar. Tahun 2022, Danone Indonesia membantu proses renovasi dan pembaruan alat peraga interaktif dengan mengangkat nilai kesehatan dan kelestarian lingkungan yang terbagi menjadi dua lokasi yaitu PAUD Timur dan Barat. Pembangunan kedua PAUD ditujukan sebagai sarana bermain dan belajar untuk mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan, serta motorik bagi anak-anak usia dini pengunjung Taman Pintar.

PAUD Generasi Maju Taman Pintar dilengkapi alat peraga interaktif untuk memperkenalkan pengetahuan kesehatan, gizi seimbang, dan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) tanpa meninggalkan konsep bermain.

PAUD Timur untuk motorik anak terdiri dari ruang ragam Istiadat, playground (aktivitas fisik), robotik, musik, panggung budaya serta ruang Sahabat Ibu dan Anak. Sementara PAUD Barat untuk memicu fungsi kognitif terdiri dari ruang edukasi Sampahku Tanggung Jawabku (Samtaku), balok susun, arena bermain bertema perkotaan, dan pemadam kebakaran.

Di kesempatan yang sama, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu Adipati Paku Alam X mengatakan, setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan dukungan tumbuh kembangnya. Untuk itu, anak memerlukan pendidikan, pengasuhan, gizi, kesehatan, dan perlindungan secara optimal.

“Masih tingginya angka stunting di Indonesia, membuat Kelompok Kerja (POKJA) Ibu PAUD DIY memiliki program prioritas untuk mewujudkan PAUD yang berkualitas melalui layanan PAUD Holistik Integratif dan berbudaya dengan memberikan layanan kepada anak, khususnya dalam hal edukasi dan nutrisi," kata Gusti Kanjeng Bendara.

"Saya mewakili pegiat PAUD di DIY sangat mengapresiasi inisiatif Danone Indonesia yang terus melakukan upaya penanganan stunting dengan cara komprehensif baik melalui pemberian sarana atau fasilitas stimulasi anak maupun dukungan dalam bentuk edukasi yang juga terkait dengan pemenuhan nutrisi seimbang seperti melalui kampanye Isi Piringku," tambahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)