Mau Tidur Lebih Nyenyak? Simak 4 Tips Ini!

Rabu, 06 Juli 2022 - 10:52 WIB
loading...
Mau Tidur Lebih Nyenyak? Simak 4 Tips Ini!
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Meski terdengar sepele, faktanya tidur sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup manusia. Semakin buruk kualitas tidur seseorang, maka aktivitas yang dilakukan orang tersebut pun dapat terhambat, begitu pula sebaliknya.

Lantas, hal apa saja yang bisa membantu kamu supaya mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyenyak sepanjang malam? Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.



1. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari


Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu kamu tidur nyenyak, dengan mengatur jam biologis tubuh sekaligus membuatmu merasa lebih berenergi. Itu sebabnya, banyak ahli menyarankan untuk menyetel alarm bangun setiap pagi di jam yang sama, termasuk di akhir pekan, dan menghindari memencet tombol snooze saat alarm sudah berbunyi.

2. Perhatikan makanan dan minuman

Kamu mungkin tidak menyadari, apa yang kamu makan dan minum ternyata memiliki berpengaruh pada tidur nyenyakmu. Sebagai contoh, minum kopi pada malam hari bisa membuatmu lebih waspada sehingga dirimu jadi sulit untuk memejamkan mata.

Itulah sebabnya, hindari minum kopi setidaknya enam jam sebelum waktu tidur. Minuman yang direkomendasikan sebelum tidur adalah segelas susu hangat atau secangkir teh rempah-rempah, yakni teh yang terbuat dari tanaman selain teh, contoh teh chamomile.

3. Olahraga sambil berjemur

Daripada menekan tombol snooze berulang kali, para ahli menyarankan untuk memulai harimu setidaknya 5 menit awal untuk berjemur matahari dan meditasi. Sinar matahari pagi dapat membuat dirimu lebih “melek” karena cahaya memberi sinyal ke otak untuk menyetop produksi hormon melatonin yang membuat ngantuk dan menggantinya dengan hormon adrenalin sebagai tanda bahwa ini adalah waktunya kamu untuk bergerak.

Cobalah berjalan atau berolahraga sambil berjemur setidaknya 20-60 menit setelah kamu bangun. Orang-orang yang rutin olahraga sambil berjemur setiap pagi dapat tidur nyenyak dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)