Ketika Pakar Ortopedi Hebat Bicara Tren Masayarakat Percaya Sangkal Putung

Kamis, 07 Juli 2022 - 08:54 WIB
loading...
Ketika Pakar Ortopedi Hebat Bicara Tren Masayarakat Percaya Sangkal Putung
Prof. Ruslan Nazaruddin Simanjuntak (kiri) pakar ortopedi yang juga chairman ALTY Orthopaedic Hospital Malaysia. Foto/Muhaimin
A A A
KUALA LUMPUR - Sangkal putung atau penanganan non-medis untuk masalah tulang masih banyak dipercaya di kalangan masyarakat Indonesia.Tren percaya pada "kesaktian tukang tulang" ini juga terjadi di Malaysia.

"Sama, di Malaysia. Masyarakat masih percaya pada tukang tulang. Sama dengan di Indonesia", kata
pakar ortopedi Malaysia, Assoc. Prof. Dr Ruslan Nazaruddin Simanjuntak di ALTY Orthopaedic Hospital di Kuala Lumpur.

Ruslan, yang merupakan chairman ALTY Orthopaedic Hospital, mengatakan tren yang masih berkembang di masyarakat tersebut menjadi tantangan bagi para pakar ortopedi untuk memberikan edukasi.

ALTY Orthopaedic Hospital menjadi salah satu cara Ruslan dan tujuh pakar ortopedi lainnya memberikan edukasi. "Tak hanya rumah sakit, kami juga membuat akademi," ujarnya.



"Kami bahkan melakukan peremajaan dokter tulang dan sendi baik di Malaysia maupun negara Asia lainnya. Ini agar semakin banyak dokter yang tersebar sehingga masyarakat semakin aware bahwa masalah tulang itu ada dokternya," imbuh Ruslan.

ALTY Orthopaedic Hospital yang resmi dibuka hari ini (7/7/2022) menjadi RS khusus ortopedi pertama di Malaysia.

Berlokasi di Ground Floor, Menara HSC Medical Center, Kuala Lumpur, RS ini memiliki 8 pakar hebat dengan jam terbang lebih dari 20 tahun.

Selain itu, juga memiliki tiga peralatan canggih yang tidak dimiliki RS sejenis di negara lain.

"Kami memiliki ahli yang mampu melakukan operasi dengan robot dan komputer, " kata Ruslan, pakar kelahiran tanah Batak namun telah menjadi warga Malaysia.

(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)