Ternyata Kebanyakan Kalsium Bisa Picu Masalah Jantung Serius

Kamis, 07 Juli 2022 - 07:31 WIB
loading...
Ternyata Kebanyakan Kalsium Bisa Picu Masalah Jantung Serius
Anggapan bahwa banyak kalsium dalam tubuh akan memaksimalkan fungsi tulang, ternyata tidak sepenuhnya benar. / Foto: ilustrasi/dailyexpress
A A A
KUALA LUMPUR - Anggapan bahwa banyak kalsium dalam tubuh akan memaksimalkan fungsi tulang, ternyata tidak sepenuhnya benar. Kelebihan kalsium justru bisa menyebabkan masalah jantung serius.

Mengonsumsi suplemen kalsium menjadi salah satu yang cukup diincar masyarakat di masa pandemi seperti sekarang ini. Demikian juga mengonsumsi vitamin D yang dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, pemikiran 'kalau kebanyakan malah tidak baik' berlaku pada konsumsi kalsium. Ya, mereka yang mengonsumsi suplemen kalsium atau mendapatkan asupan kalsium lewat asupan makanan sehari-hari yang teramat tinggi dapat mengalami masalah jantung serius.

Baca juga: Cynthiara Alona Bebas Penjara, Kini Ngaku Asetnya Dijual Orang

Sebagaimana disampaikan Ahli Kesehatan Tulang, Prof Ruslan Nazaruddin Simanjuntak bahwa seseorang yang kadar kalsium tubuhnya tinggi punya risiko alami masalah kesehatan jantung serius.

"Terlalu banyak kalsium di dalam tubuh malah bisa sebabkan masalah pada jantung, bahkan kasusnya bisa berat," ujar Prof. Ruslan saat diwawancarai di ALTY Orthopaedic Hospital, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu, 6 Juli 2022.

Lagipula, sambung Prof. Ruslan, terjadi salah persepsi di masyarakat soal kalsium ini. Entah dari mana awalnya tapi ada kepercayaan tinggi kalsium dalam tubuh malah membuat tubuh lebih sehat. "Padahal sebaliknya," tegasnya.

"Terlebih masyarakat perlu tahu bahwa kalsium itu tidak akan aktif kalau tidak ada vitamin D. Jadi, mau sebanyak apa kalsium yang didapat tubuh, baik melalui suplemen maupun asupan makanan, ya, tidak akan aktif kalau tidak ada vitamin D," terangnya.

Vitamin D yang paling efektif memberikan manfaat pada tubuh adalah berjemur di bawah pukul 10 pagi. Vitamin D alami tersebut tidak hanya meningkatkan imunitas tubuh, tapi juga mengaktifkan kalsium yang memang diperlukan juga untuk kesehatan tulang.

Baca juga: 5 Teh Penurun Kolesterol, Ampuh dan Cepat Usir Lemak Jahat

"Jadi, kalau makan banyak suplemen kalsium, tapi tidak dibarengi berjemur atau terpapar sinar matahari langsung, ya, kalsiumnya keluar begitu saja. Tidak ada yang diserap tubuh dan memberi manfaat," pungkasnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2371 seconds (10.101#12.26)