4 Cara Gali Potensi Diri Menurut Psikolog

Jum'at, 26 Juni 2020 - 10:36 WIB
loading...
4 Cara Gali Potensi Diri Menurut Psikolog
Menggali potensi bisa dimulai dengan apapun dari yang ada di rumah atau yang terlintas pertama kali dalam pikiran Anda. Foto Ilustrasi/DesignFind
A A A
JAKARTA - Ada berbagai cara untuk menggali potensi diri. Psikolog dari Rumah Dandelion Nadya Pramesrani, M.Psi mengatakan, potensi diri dapat ditemukan dengan cara STAR atau Start, Try, Assess dan Repeat.

Potensi diri dapat dimulai dari rumah. Dalam hal ini, Nadya menyarankan untuk memulai apapun dari yang ada di rumah atau yang terlintas pertama kali dalam pikiran Anda. Setelah memulai, pastikan mencoba selama beberapa kali.

"Mulai saja di rumah, dari yang terlintas dan apa yang ada di rumah. Sudah mulai, coba dulu beberapa kali. Jangan baru mulai, langsung sudah," kata Nadya saat peluncuran kemasan baru HiLo Active secara virtual, Kamis (25/6). ( )

Menurut Nadya, bukan tanpa alasan mengapa seseorang tidak boleh mencoba hal baru hanya satu kali untuk mencari potensi diri. Pasalnya, dengan mencoba selama beberapa kali, seseorang bakal mendapatkan pembelajaran dan evaluasi kemampuan diri.

"Coba dulu beberapa kali. Beberapa kali, kita dapat pembelajaran, mendapatkan evaluasi kemampuan kita," sarannya.

Selanjutnya evaluasi diri. Pada tahap ini, penting untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan. Lihat bagaimana perasaan Anda ketika melakukan hal-hal tersebut, lalu identifikasi emosi-emosi yang ada serta pahami alasan kenapa Anda merasakan emosi tersebut.

"Assess, bagaimana kita suka yang kita lakukan atau tidak. Identifikasi emosi yang kita rasakan dan kenapa kita merasakn seperti itu," jelasnya.

Jika sudah mengetahui alasan emosi yang muncul, Nadya menyarankan untuk mengulangi apa yang sudah Anda coba. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan. ( )

"Ketika kenapanya sudah tahu, repeat. Lakukan lagi untuk meningkatkan skill kita. Kalau masih nggak suka (hal yang dicoba), start lagi. Mulai lagi dari awal sampai menemukan (potensi diri)," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)