Cara Mudah Mengatasi Lantai Ubin Pecah dengan Superfix dan Supergrout A+

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:24 WIB
loading...
Cara Mudah Mengatasi Lantai Ubin Pecah dengan Superfix dan Supergrout A+
Cara mudah mengatasi lantai ubin pecah dengan Superfix dan Supergrout A+. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Solusi ubin Superfix dan Supergrout A+ mengatasi masalah ubin pecah, menggelembung, terangkat, retak, dan kopong. Ubin merupakan campuran pasir, semen, dan sebagainya yang dipakai untuk lantai atau dinding; biasanya dibuat berbentuk persegi empat dan persegi panjang.

Ubin juga sering disebut tegel, umumnya ubin dapat dengan mudah ditemukan di berbagai area rumah seperti kamar mandi, ruang tamu, dapur, kamar, teras, dan lain-lain.

Ubin menjadi salah satu faktor penting di rumah yang berfungsi untuk melindungi permukaan dan mempercantik rumah. Namun ada beberapa kasus yang kerap terjadi pada ubin seperti ubin pecah, menggelembung, terangkat, retak dan kopong. Lantai ubin yang terangkat juga dikenal dengan istilah popping.

Lantai ubin terangkat (popping) akan rentan pecah apabila tidak sengaja terinjak dan bisa membahayakan penghuni rumah terutama anak kecil.



Penyebab lantai ubin pecah:

1. Pengurangan kandungan pada perekat semen yang telah dicampur (semen, pasir,dan air)sehingga perekat ubin men galami penyusutan.
2. Campuran perekat (semen, pasir,dan air)yang tidak merata menyebabkan ada bagian bawah lantai yang kosong sehingga terdapat udara yang terjebak dan ketika mengalami pemuaian akan mendorong ubin ke atas.
3. Beban berat pada lantai yang membuat salah satu bagian ubin lebih turun atau tidak merata.
4. Pergerakan mikro seperti rumah-rumahyang terletak dipinggiran jalan raya,atau pinggiran rel kereta mengalami getaran akibat lalu lalang kendaraan dapat mempengaruhi bagian-bagian bangunan termasuk ubin.
5. Pemilihan bahan yang kurang berkualitas, baik pada jenis ubin dan perekat ubin.

Cara mudah mengatasi lantai ubin pecah, menggelembung, terangkat, retak dan kopong yaitu dengan menggunakan solusi ubin dari Aquaproof berupa perekat ubin berkualitas Superfix yang merekatkan jauh lebih kuat dibanding semen biasa atau semen instan lainnya.

Jadi cukup dengan Superfix bisa merekatkan berbagai ubin, keramik, marmer, porselen, homogeneous tile (HT) atau mosaik pada dinding maupun lantai, baik di dalam maupun luar ruangan. Tukang ataupun pemilik rumah tidak perlu repot mencari bahan perekat ubin lainnya, karena Superfix multifungsi untuk segala jenis ubin.

Superfix juga diformulasikan dengan Thin Set Technology, cukup lapisan tipis Superfix 2-3 mm dapat merekatkan ubin jauh lebih kuat. Selain itu, Superfix juga sangat cocok untuk pengerjaan keramik di atas keramik (tile on tile) tanpa membongkar keramik lama sehingga renovasi menjadi lebih mudah dan cepat.

Setelah proses pemasangan ubin, langkah selanjutnya yang diperlukan yaitu pengisian nat menggunakan Supergrout A+. Berbeda dengan pengisi nat pada umumnya, Supergrout A+ diformulasikan dengan Polymerized Acid Resistant Technology yang membuat hasil nat Supergrout A+ menjadi tahan asam termasuk asam cairan pembersih dan asam kimiawi lainnya, serta nat tidak mudah terkikis.

Selain itu penggunaan Supergrout A+ terutama pada kamar mandi dan dapur akan membuat nat mudah dibersihkan, anti jamur dan lumut, juga tidak retak, tidak menyusut, daya lekat kuat, dan warna tahan lama. Supergrout A+ memiliki 7 varian warna yang menarik yang dapat disesuaikan dengan jenis dan warna ubin yang dipasang.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)