Cara Menurunkan Kolesterol dengan Seledri, Ampuh Dikonsumsi dalam Bentuk Jus

Jum'at, 08 Juli 2022 - 08:12 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Seledri, Ampuh Dikonsumsi dalam Bentuk Jus
Cara menurunkan kolesterol dengan seledri ampuh dikonsumsi dalam bentuk jus. Banyak orang percaya bahwa jus seledri dapat mengobati berbagai penyakit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan seledri ampuh dikonsumsi dalam bentuk jus. Banyak orang percaya bahwa jus seledri dapat mengobati berbagai penyakit, termasuk peradangan, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi .

Jus seledri kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan. Namun, jus seledri mengandung lebih sedikit serat daripada seledri mentah. Tidak ada bukti yang cukup minum jus seledri membantu penurunan berat badan atau membantu menghilangkan racun dari tubuh.

Seledri adalah anggota keluarga wortel. Tanaman dan bijinya menyediakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang berlimpah. Untuk itulah, banyak orang meminum jus seledri untuk manfaat kesehatan.

Seledri merupakan sayuran hijau berserat yang memiliki kandungan air yang tinggi. Banyak orang mencampurkan seledri menjadi jus untuk diminum sendiri atau dalam campuran campuran lainnya.


Studi terbatas pada 2015 meneliti efek ekstrak daun seledri pada tekanan darah dan kadar kolesterol tikus dengan hipertensi yang diinduksi. Hipertensi adalah istilah medis untuk tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Medical News Today, Jumat (8/7/2022) setelah tujuh minggu penelitian, kelompok ekstrak daun seledri menunjukkan kadar kolesterol yang lebih rendah.

Para peneliti menyarankan bahwa antioksidan dalam seledri mungkin bertanggung jawab untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah simpanan kolesterol rusak dan masuk ke dalam darah.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.


Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh sehingga sulit bagi darah yang cukup untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)