Rini S Bon Bon Idap Diabetes Akibat Faktor Keturunan

Senin, 11 Juli 2022 - 12:00 WIB
loading...
Rini S Bon Bon Idap Diabetes Akibat Faktor Keturunan
Semasa hidupnya, Rini S Bon Bon mengaku mengidap diabetes akibat faktor keturuan. Sang ayah, disebut Rini juga mengidap penyakit serupa seperti dirinya. Foto/YouTube Cumicumi
A A A
JAKARTA - Semasa hidupnya, Rini S Bon Bon mengaku mengidap diabetes akibat faktor keturuan alias genetik. Sang ayah, disebut Rini juga mengidap penyakit serupa seperti dirinya.

Rini mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menyangka mengidap penyakit diabetes. Sang komedian mengidap diabetes pada 1996 dan 2009, dia berjuang sembuh dari penyakit diabetes yang nyaris membuat kaki kirinya diamputasi.

“Dalam perjalanan karier yang saya bangun, Allah SWT kasih saya sedikit ujian. Itu sakit diabetes,” kata Rini dikutip dari salah satu tayangan di YouTube, Senin (11/7/2022).

Mengetahui ayahnya terkena penyakit diabetes, Rini pernah mencoba untuk mencegahnya dengan melakukan diet Hembing. Kala itu, dia pun berharap dirinya tidak mengidap penyakit yang serupa.

Baca Juga: Rini S Bon Bon Meninggal Akibat Diabetes, Ini Kisaran Angka Kadar Gula Darah Normal

“Karena waktu itu saya sempat tau ayah saya kena diabet, saya sempet diet Hembing supaya saya tidak sakit gula,” jelas Rini.

Namun, meski sudah menjalani diet, Rini tetap terkena diabetes. Terlebih saat itu dia mengalami obesitas atau kegemukan dengan berat badan mencapai angka 105 kilogram.

“Tapi tenyata faktor genetik lah yang membuat saya sakit gula, karena saya obesits mungkin, kegemukan, berat saya sempat 105 kilo. Diet Hembing sampai turun 97 kilo, 85 kilo,” ujar Rini.

Meskipun terus berusaha untuk sembuh, namun faktor keturunan dari sang ayah yang sangat kuat membuatnya tetap terkena diabetes.

Baca Juga: Profil Rini S Bon Bon, Komedian yang Meninggal usai Idap Diabetes

“Tapi Allah SWT berkehendak lain, karena genetiknya kuat saya kena gula,” ungkap Rini.

Dia sadar betul bahwa sakit yang diberikan Allah adalah bentuk kasih sayang padanya. Dia pun mensyukuri dan menerima penyakit tersebut.

“Ternyata aku sadari ketika aku dikasih sakit, kita mau diampuni sebagian dosa kita, mau diangkat derajat kita. Saya pernah dikasih buku judulnya ‘Allah sayang kamu’ dari teman saya, saya sadar ternyata Allah sayang sama saya,” tandasnya.

Rini S Bon Bon meninggal dunia di kediamannya di kawasan Kramat Lontar, Paseban, Senen, Jakarta Pusat. pada Minggu, 10 Juli 2022. Dia menghembuskan napas terakhirnya pada usia 51 tahun setelah berjuang melawan penyakit diabetes.

Baca Juga: Komedian Rini S Bon Bon Dimakamkan Hari Ini di TPU Kawi-kawi

Jenazah Rini dimakamkan hari ini di TPU Kawi-kawi, Percetakan Negara II, Johar Baru, Jakarta Pusat pukul 09.00 WIB.
(dra)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3413 seconds (11.97#12.26)