Lucinta Luna Jalani Operasi Tulang Ekor, Dokter: Tindakan Langka dan Pilihan Terakhir

Selasa, 12 Juli 2022 - 12:32 WIB
loading...
Lucinta Luna Jalani Operasi Tulang Ekor, Dokter: Tindakan Langka dan Pilihan Terakhir
Keputusan Lucinta Luna untuk melakukan operasi tulang ekor bikin heboh media sosial. Menurut ahli tulang ALTY Orthopaedic Hospital dr. Suresh Siva tindakan itu merupakan langka dan jadi pilihan terakhir. Foto/Instagram Lucinta Luna
A A A
JAKARTA - Keputusan Lucinta Luna untuk melakukan operasi tulang ekor bikin heboh media sosial. Masyarakat dibuat kaget karena sebagian dari mereka tidak begitu familiar dengan tindakan tersebut.

Tapi, pada kenyataannya operasi tulang ekor memang satu tindakan operasi yang langka dikerjakan. Hanya pada kasus khusus saja operasi tulang ekor dilakukan.

"Prosedur operasi tulang ekor dianggap langka dan sering kali jadi pilihan terakhir jika pasien tidak memperlihatkan perbaikan dengan terapi non-bedah sebelumnya," terang Ahli Tulang ALTY Orthopaedic Hospital dr. Suresh Siva, dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal, Selasa (12/7/2022).

Dalam dunia medis, sambung dr. Suresh Siva, operasi tulang ekor itu disebut dengan Coccygectomy. Operasi dikerjakan dengan mengangkat sebagian atau seluruh tulang ekor.



Tindakan operasi ini terbilang cepat, biasanya dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam.

"Prosesnya dikerjakan oleh ahli bedah dengan membuat sayatan langsung di kulit tepat tulang ekor berada. Sayatan dibuat dengan pisau bedah," terang dr. Suresh Siva.

"Jadi, setelah sayatan sudah dibuat, dokter bedah akan memotong tulang ekor dari belakang ke depan," lanjutnya menjelaskan lebih detail seperti apa tindakan bedah dilakukan.

Diterangkan dr. Suresh Siva, pada banyak kasus, pasca-operasi tulang ekor, pasien memerlukan waktu recovery yang terbilang lama. Hal ini terjadi karena ada rasa sakit yang dialami pasien dan recovery diperlukan untuk memantau apakah ada infeksi atau tidak pasca tindakan.

Secara sederhana, dr. Suresh Siva juga menerangkan bahwa operasi tulang ekor kerap dilakukan pada pasien yang mengeluh rasa sakit di bagian bawah tulang belakangnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)