Cara Menurunkan Kolesterol dengan Ketumbar, Efektif Dicampur dengan Teh

Rabu, 13 Juli 2022 - 09:16 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Ketumbar, Efektif Dicampur dengan Teh
Cara menurunkan kolesterol dengan ketumbar efektif dicampur dengan teh. Ketumbar dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Bumbu dapur ini rendah sodium. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan ketumbar efektif dicampur dengan teh. Ketumbar dipercaya bisa menurunkan kolesterol. Bumbu dapur yang satu ini secara alami rendah sodium dan rendah lemak jenuh.

Dilansir dari Healthy Ojas, Rabu (13/7/2022) ketumbar kaya akan sumber vitamin C, serat makanan, zat besi, dan kalsium yang baik.

Ketumbar meningkatkan aktivitas enzim HMG-CoA reduktase, bahkan mampu meningkatkan kadar asam empedu total dan sterol netral yang dikeluarkan melalui feses. Sifat lainnya adalah efek hipolipidemik, sehingga menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida.

Karena efek tersebut, ketumbar punya pengaruh yang signifikan pada metabolisme lipid, penurunan trigliserida dan kolesterol jahat. Kabar baiknya, ketumbar juga terbukti meningkatkan kolesterol baik.


Disarankan dengan mencampurkan ketumbar ke dalam teh. Cukup satu sendok teh ketumbar untuk setiap cangkir teh. Caranya, rendam ketumbar dalam teh dan minum airnya. Agar ada sedikit rasa manis, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu.

Namun, kebutuhan ketumbar setiap orang akan berbeda. Karena itu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk hasil yang lebih baik.

Sementara itu, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.


Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3274 seconds (0.1#10.140)