5 Penyebab Utama Serangan Jantung Ini Harus Diwaspadai

Kamis, 14 Juli 2022 - 07:51 WIB
loading...
5 Penyebab Utama Serangan Jantung Ini Harus Diwaspadai
Serangan jantung dikenal juga dengan istilah silent killer karena bisa menyerang tiba-tiba dan berdampak fatal bagi penderitanya. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Serangan jantung dikenal juga dengan istilah silent killer karena bisa menyerang tiba-tiba dan berdampak fatal bagi penderitanya. Karena itu, sangat penting mengenali gejalan dan pemicu utama serangan jantung.

Mengutip Mayo Clinic, serangan jantung disebutkan biasanya terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol yang membentuk plak di arteri.

Plak di dalam arteri inilah yang bisa pecah dan membentuk gumpalan sehingga aliran darah tidak berjalan lancar dan menyebabkan serangan jantung. Berikut ulasan 5 penyebab utama serangan jantung.



1. Stres

Salah satu pemicu serangan jantung banyak orang tidak tahu adalah stres, kurang tidur, dan sedih.

2. Konsumsi lemak dan karbohidrat berlebih

Bagi yang suka konsumsi lemak dan karbohidrat berlebih, perlu waspada. Sebab lemak dan karbohidrat lebih mudah mengental dan mengganggu pembuluh darah. Hal itu sangat mempengaruhi kinerja jantung.

3. Polusi udara

Menghirup udara yang kotor ternyata bisa menyebabkan serangan jantung, karena partikel berbahaya dari polusi udara seperti knalpot mobil, pabrik dan lainnya bisa memicu stroke dan serangan jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)