Makanan Murah yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Hitungan Minggu

Jum'at, 15 Juli 2022 - 16:10 WIB
loading...
Makanan Murah yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Hitungan Minggu
Beberapa makanan murah bisa menurunkan kolesterol jahat dalam hitungan minggu. Diet tidak sehat yang kaya lemak jenuh dapat memicu kolesterol dalam darah naik. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Beberapa makanan murah bisa menurunkan kolesterol jahat dalam hitungan minggu. Diet tidak sehat yang kaya lemak jenuh dapat memicu kadar kolesterol dalam darah naik, makanan sebaliknya justru dapat membantu memperbaiki kerusakan.

Dilansir dari Express, Jumat (15/7/2022) ahli gizi menjelaskan bahwa makanan murah yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat adalah kacang-kacangan.

Secara teratur memasukkan kacang-kacangan ke dalam makanan dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Ini adalah penyebab yang menempatkan Anda pada risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih tinggi.

Untungnya, sangat mudah untuk memasukkan kacang-kacangan ke dalam makanan sehari-hari. Kacang bertindak sebagai pembawa yang dapat menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh.


Mereka juga membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus ke dalam aliran darah. Selain itu, kacang juga mendorong pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan di usus besar.

Kebanyakan kacang-kacangan dapat dipertukarkan, jadi jangan takut untuk memvariasikan warna, bentuk, dan ukuran yang Anda sertakan dalam makanan.

Di sisi lain, kacang-kacangan dapat mengurangi kolesterol hanya dalam enam minggu. Kacang memiliki kemampuan luar biasa untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebuah studi dari peneliti Kanada menemukan bahwa satu porsi kacang-kacangan sehari selama periode enam minggu mampu menurunkan kolesterol hingga lima persen.



Berdasarkan penelitian ini, yang Anda butuhkan hanyalah satu porsi 100 gram kacang-kacangan setiap hari. Seperti diketahui, kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kolesterol tinggi dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan tersebut dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)