Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Sirih, Air Rebusannya Diminum 2 Kali Sehari

Jum'at, 15 Juli 2022 - 17:06 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Sirih, Air Rebusannya Diminum 2 Kali Sehari
Cara menurunkan kolesterol dengan daun sirih merupakan salah satu upaya paling mudah. Namun masih jarang penderita gangguan kesehatan akibat lemak jahat menggunakannya secara konsisten. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan daun sirih merupakan salah satu upaya paling mudah. Namun masih jarang penderita gangguan kesehatan lemak jahat menggunakannya secara konsisten.

Padahal, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, daun sirih berdasarkan sejumlah penelitian ampuh secara signifikan menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol bisa diobati secara alami, sepertinya patut dicoba menggunakan daun sirih. Daun sirih diketahui mengandung nutrisi esensial dalam jumlah sedang seperti yodium (3,4 mcg/ 100 gram), kalium (1,1-4,6%), vitamin A (1,9-2,9 mg/ 100 gram), vitamin B1 (13-70 mcg/ 100 gram), vitamin B2 (1,9-30 mcg/ 100 gram) dan asam nikotinat (0,63-0,89 mg/ 100 gram).

Selain nutrisi tersebut, daun sirih mengandung minyak atsiri dan komponen kimia seperti minyak sirih dan chavicol, betelphenol, eugenol, terpene dan campene. Komponen kimia ini memiliki sifat obat dan membantu dalam pengobatan dan pengelolaan berbagai penyakit dan gangguan.



Menurunkan kolesterol dengan daun sirih diungkapkan salah satu penelitian bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL).

"Efek penurun lipid dari daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website Medindia, dikutip Jumat (15/7/2022).

Salah satu cara mengonsumsi daun sirih untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan merebusnya sampai mendidih. Jumlah daun sirih yang direbus minimal 3—4 lembar.

Setelah air rebusan daun sirih mendidih, tuangkan ke dalam gelas dengan menyaringnya terlebih dahulu. Agar hasilnya maksimal, bisa mengulangi proses pengobatan ini sebanyak dua kali sehari.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2442 seconds (0.1#10.140)