Covid-19 Gejala Ringan Tetap Berpotensi Sebabkan Long Covid, Begini Penjelasannya

Senin, 18 Juli 2022 - 18:18 WIB
loading...
Covid-19 Gejala Ringan Tetap Berpotensi Sebabkan Long Covid, Begini Penjelasannya
Long Covid bisa terjadi pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Long Covid identik terjadi pada pasien Covid-19 gejala sedang hingga kritis. Tapi, tahukah Anda bahwa pasien Covid-19 gejala ringan juga tetap berpotensi mengalami long Covid? Kenapa begitu?

Diterangkan Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan dr Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), hingga saat ini sejatinya tidak ada teori mutlak yang menjelaskan kenapa pasien Covid-19 bisa mengalami long Covid. Tapi, ada beberapa hipotesis, mulai dari inflamasi sistemik hingga hipoksia kronik. Hanya, alasan inflamasi sistemik paling cukup berarti.

"Sampai hari ini belum ada suatu penjelasan yang sangat akurat apa yang menyebabkan pasien Covid-19 mengalami long Covid. Namun, para pakar banyak yang mengarah pada teori inflamasi sistemik yang mana tubuh pasien Covid-19 mengalami infeksi menyeluruh di seluruh tubuh," terang dr Agus dalam webinar, Senin (18/7/2022).

Proses infeksi terjadi baik pada level ringan maupun berat. Karena adanya inflamasi menyeluruh tersebut, makanya pada banyak kasus pasien Covid-19 itu mengalami gejala seperti pegal-pegal, tulang linu, ataupun sakit kepala.

Itu, kata dr Agus yang juga merupakan Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), merupakan 'ulah' virus dan menjadi bentuk pertahanan alami tubuh dalam upaya melawan virus tersebut. "Itu respons tubuh terhadap serangan virus," terangnya.

Nah, pada kasus pasien Covid-19 gejala ringan, gejala yang kerap muncul adalah fatigue atau kelelahan. Gejala tersebut terjadi akibat virus menyerang neuromuskular yang menyebabkan kelelahan menyeluruh.

"Sayangnya, pada pasien Covid-19 gejala ringan, gejala tersebut bertahan sekali pun sudah dinyatakan negatif Covid-19. Artinya, sekali pun dia sudah negatif, tapi ada gejala yang bertahan, kondisi kesehatannya belum normal," ungkap dr Agus yang juga Direktur Utama RSUP Persahabatan.

Sementara itu, Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan dr Fathiyah Isbaniah, Sp.P(K) menerangkan bahwa long Covid yang terjadi pada pasien Covid-19 gejala ringan biasanya tidak berat. Kenapa begitu?

"Covid-19 itu terbukti bisa menyerang semua sistem di tubuh. Tapi, semakin besar serangan yang terjadi, maka semakin besar kerusakan, dan itu akan membuat pasien Covid-19 mengalami banyak keluhan saat long Covid," ungkap dr Fathiyah.

Misalnya, pada pasien Covid-19 yang mengalami masalah jantung akibat infeksi Covid-19, setelah dia selesai perawatan Covid-19, mungkin masih merasa jantungnya sering berdebar-debar.

"Nah, pada kasus pasien Covid-19 ringan yang tidak mengalami masalah pada jantung, ya, tidak akan mengalami kondisi long Covid pada jantungnya," tambah dr Fathiyah.

Seperti dijelaskan dr Agus sebelumnya, kemungkinan pasien Covid-19 gejala ringan hanya akan mengalami kelelahan yang berkepanjangan sekali pun dia sudah dinyatakan negatif Covid-19 dan menyelesaikan pengobatan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3191 seconds (0.1#10.140)