Waspada! Serangan Jantung Intai Anak Muda, Ini 4 Cara Mencegahnya

Selasa, 19 Juli 2022 - 17:15 WIB
loading...
Waspada! Serangan Jantung Intai Anak Muda, Ini 4 Cara Mencegahnya
Serangan jantung merupakan penyakit yang hanya mengintai orangtua adalah mitos, tapi masih dipercaya sebagian orang. Faktanya, penyakit ini juga berisiko diderita oleh segala usia, termasuk anak-anak muda. Foto Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Serangan jantung merupakan penyakit yang hanya mengintai orangtua adalah mitos, tapi masih dipercaya sebagian orang. Faktanya, penyakit ini juga berisiko diderita oleh segala usia, termasuk anak-anak muda.

Hal itu dipaparkan Lawrence Chan, dokter spesialis jantung dari Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL). Paparan itu juga sesuai dengan data Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ), yang menyebutkan 1 dari 5 pasien serangan jantung di dunia saat ini berusia di bawah 40 tahun. Bahkan, data WHO menyatakan bahwa pada 2000-2016 jumlah pasien serangan jantung berusia 20 hingga 30-an tahun meningkat dua persen saban tahun.

Faktor penyebab penyakit jantung koroner pada anak-anak muda antara lain merokok, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan alasan lain yang memberi tekanan pada sistem kardiovaskular. Faktor lainnya yang tak bisa dihindari adalah faktor genetik, yakni riwayat sakit jantung dari keluarga.

Ketika pasien penyakit jantung melakukan pemeriksaan, dokter kerap menemukan aterosklerosis atau penyempitan pada pembuluh darah. Itu disebabkan oleh arteri atau pembuluh darah yang tersumbat karena terjadi penumpukan plak, yang memicu komplikasi kerusakan organ.

Dokter Lawrence mengatakan merokok, obesitas, darah tinggi, dan diabetes merupakan penyebab tersering terjadinya serangan jantung.

“Jika terjadi serangan jantung kedua pada usia muda, risiko kematian atau stroke mungkin terjadi,” katanya, dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews.com, Selasa (19/7/2022).

Menurut dokter Lawrence, ada empat cara mencegah aterosklrerosis bagi anak-anak muda. Keempat cara tersebut adalah:

1. Menjaga Pola Makan

Biasakan menjalani hidup dengan pola makan yang sehat. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat, tanpa harus mahal atau mewah. Sebisa mungkin kurangi atau bila perlu hindari makanan dengan kadar kolesterol berlebih.

2. Aktif Bergerak
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1677 seconds (10.101#12.26)