4 Buah Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi, Nomor 3 Dikenal dengan Harga Murah

Kamis, 21 Juli 2022 - 14:39 WIB
loading...
4 Buah Penurun Kolesterol dan Darah Tinggi, Nomor 3 Dikenal dengan Harga Murah
Buah penurun kolesterol dan darah tinggi bisa dikonsumsi para penderita penyakit tersebut. / Foto: ilustrasi/trendeepro.com
A A A
JAKARTA - Buah penurun kolesterol dan darah tinggi bisa dikonsumsi para penderita penyakit tersebut.

Seperti diketahui, mengonsumsi buah-buahan sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Termasuk di dalamnya menurunkan kadar kolesterol jahat dan darah tinggi.

Perlu diingat, kolesterol tinggi dapat mengundang beberapa penyakit berbahaya, seperti stroke, hipertensi hingga penyakit jantung.

Baca juga: Gejala Kolesterol Tinggi, Tanda Bau di Kaki Ini Jangan Disepelekan

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022), berikut 4 buah yang bisa menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

1. Tomat

Buah penurun kolesterol dan darah tinggi yang pertama adalah Tomat. Buah yang dikenal mengandung kalium ini bisa menurunkan darah tinggi.

Asupan kalium yang direkomendasikan untuk orang dewasa rata-rata adalah 4.700 miligram (mg) per hari.

Sementara kandungan likopennya dikenal sebagai senyawa yang sangat efektif menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Alpukat

Buah penurun kolesterol dan darah tinggi berikutnya adalah alpukat. Buah ini juga dikenal sebagai buah diet, karena mengandung lemak tak jenuh dan kalium.

Aman dikonsumsi bagi kesehatan, alpukat kaya akan vitamin dan mineral. Dalam kandungan buah alpukat lainnya, terdapat senyawa yang dapat membantu menghambat penyerapan kolesterol.

"Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa termasuk makanan tinggi nutrisi tertentu seperti kalium dan magnesium, mengurangi tingkat tekanan darah," tulis laman Healthline, dikutip Kamis (21/7/2022).

3. Pepaya

Buah penurun kolesterol dan darah tinggi ketiga adalah pepaya. Buah yang dikenal dengan harga terjangkau ini juga cocok buat diet.

Pepaya memiliki 3 kandungan penting yakni vitamin C, vitamin E dan likopen. Rajin mengonsumsi buah pepaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, juga mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah.

4. Kiwi

Buah penurun kolesterol dan darah tinggi yang terakhir dalam daftar ini adalah kiwi. Buah ini mengandung vitamin C dan serat larut air yang baik untuk tubuh.

Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh, sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi kiwi juga berpengaruh pada tekanan darah.

Baca juga: Ahli Gizi Ingatkan Peran Orang Tua dan Guru dalam Menjaga Kesehatan Anak

Dengan mengonsumsi tiga buah kiwi, dikaitkan dengan penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik 24 jam dibandingkan dengan satu apel sehari.
(nug)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1437 seconds (10.101#12.26)