Ahli Gizi Ingatkan Peran Orang Tua dan Guru dalam Menjaga Kesehatan Anak

Kamis, 21 Juli 2022 - 11:58 WIB
loading...
Ahli Gizi Ingatkan Peran Orang Tua dan Guru dalam Menjaga Kesehatan Anak
Orang tua memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan anak-anak, baik ketika berada di rumah maupun di luar rumah. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Orang tua memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan anak-anak , baik ketika berada di rumah maupun di luar rumah.

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan orang tua dalam menjaga kesehatan anaknya adalah mengawasi apa yang dikonsumsi anak ketika berada di sekolah.

Tentunya hal tersebut juga memerlukan peran dan dukungan dari guru atau pihak sekolah. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan ahli gizi Dinda Yulian Ardiani, S.Gz, dari Pusat Kesehatan Ibu dan Anak Nasional, RSAB Harapan Kita.

Baca juga: 4 Manfaat Luangkan Waktu untuk Merawat Diri di Rumah

Menurut wanita yang akrab disapa Dian itu, lebih baik para orang tua membawakan anak-anak bekal makanan dari rumah.

"Anak diberitahu makanan apakah yang mana boleh dikonsumsi dan tidak. Jadi peran orang tua seharusnya lebih memilih membawakan bekal," tutur Dian dalam Siaran Radio Kesehatan, yang dikutip Kamis (21/7/2022).

"Untuk peran orang tua sangat penting ya untuk mengedukasi anak-anak. Sehingga peran guru juga berperan saat di sekolah," sambungnya.

Dian pun mengingatkan penyakit yang bisa timbul akibat jajanan tidak sehat. Menurutnya, anak bisa mengalami gangguan organ hingga kesehatan pencernaan jika lepas dari perhatian.

Hal tersebut berkaca dari pengalaman Dian selama menangani pasien anak.

Baca juga: Bermanfaat untuk Kecantikan, Putih Telur Mampu Membantu Hilangkan Kerutan

"Kadang-kadang saya tanya pada pasien yang saya temui, banyak yang jajan tidak diketahui oleh orang tuanya. Karena penjagaan orang tua bisa berefek ya gangguan organ, ginjal dan lambung," terangnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)