15 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Mengatasi Batuk

Jum'at, 22 Juli 2022 - 09:33 WIB
loading...
15 Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Mengatasi Batuk
Ketika menderita batuk, tenggorokan dan dada terasa sakit, hingga suara Anda bisa berubah, bahkan hilang akibat adanya hal yang tak beres dalam tenggorokan. / Foto: ilustrasi/healthline
A A A
JAKARTA - Cuaca yang tidak menentu seringkali berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Salah satu yang biasa menyerang adalah batuk . Pasalnya, penyakit ini kerap terjadi saat kondisi tubuh dan cuaca tidak selaras.

Ketika menderita batuk, tenggorokan dan dada terasa sakit. Hingga suara Anda bisa berubah, bahkan hilang akibat adanya hal yang tak beres dalam tenggorokan.

Guna menghilangkan batuk yang menyiksa, maka dibutuhkan obat-obatan sebagai penyembuhnya. Bahkan di antaranya, ada obat alami supaya penyakit tersebut bisa lebih mereda serta sembuh secara perlahan.

Baca juga: Miliki Hobi Nyanyi, Ariel Bebaskan Putrinya Mau Jadi Apa

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 15 obat alami yang bisa dikonsumsi saat sedang terserang batuk.

1. Jeruk Nipis dan Kecap

Barangkali obat batuk alami satu ini sudah sangat umum dan populer sejak dulu untuk mengobati batuk. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis, mampu mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit.

Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu meringankan batuk. Sehingga memberikan sensasi lega pada tenggorokan.

2. Air Jahe dan Madu

Selain menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, air jahe dan madu juga cocok untuk obat batuk secara alami. Hangatnya jahe, bisa meredakan tenggorokan yang sedang tidak baik-baik saja.

Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Cuka Apel

Selanjutnya adalah cuka apel, jadi salah satu bahan alami untuk menyembuhkan batuk atau juga flu. Bahan tersebut di dalamnya mengandung zat antibakteri, disebut dengan asam asetik.

Zat yang ada di dalam cuka apel ini, mampu memecah gumpalan lendir serta mematikan bakteri yang menyerang saluran pernapasan.

4. Kencur

Siapa sangka, selain jadi bumbu utama untuk membuat seblak, kencur juga cocok jadi obat alami untuk mengobati batuk. Di dalamnya mengandung atsiri yang mampu membuat tenggorokan menjadi terasa lebih lega, seperti yang ada pada jeruk nipis.

Selain itu, kandungan dalam kencur juga dapat mengatur otot pada saluran pernapasan. Serta kencur bisa memberikan sensasi hangat seperti layaknya jahe.

5. Kacang Almond

Tak banyak mengetahui, bahwa kacang almond bisa dijadikan sebagai obat batuk alami lho. Jenis kacang-kacangan ini juga bisa mulai dari mengatasi sembelit, anemia, diabetes, gangguan jantung, bahkan sakit ringan seperti batuk.

Oleh karenanya Anda bisa mengonsumsi kacang almond yang sudah diolah, yakni dengan cara dipanggang. Hindari untuk menggorengnya, karena kandungan minyak bisa memperparah batuk.

6. Nanas

Rasa asam manis yang ada pada nanas, dapat menjadi obat batuk alami karena mengandung enzim bromelain. Kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease ini, memiliki sifat anti inflamasi. Sehingga memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru.

Akan tetapi Anda harus perhatikan, jika dikonsumsi dengan obat antibiotik, enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

7. Anggur

Selain nanas, buah anggur juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain baik bagi kesehatan pencernaan, membersihkan usus, juga bisa memurnikan darah.

Tak hanya itu saja, anggur juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk. Sifat ekspektoran pada buah satu ini mampu mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan.

8. Bawang Merah dan Bawang Putih

Jika Anda memiliki masalah batuk kering atau tidak berdahak, bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk alami, yakni bawang merah dan bawang putih.

Ternyata kedua bumbu dapur tersebut di dalamnya mengandung phytochemical serta sifat anti bakteri yang dapat meredakan gejala-gejala batuk kering dengan ampuh.

9. Kunyit

Lalu ada kunyit yang di dalamnya mengandung minyak atsiri atau essential oil. Kandungan tersebut diketahui bermanfaat bagi kesehatan sistem pernapasan, termasuk obat batuk alami.

Selain itu, kunyit bisa mengatasi maag, demam hingga pereda batuk. Kandungan kurkumin pada kunyit ini, efektif membunuh bakteri yang bisa jadi penyebab batuk.

10. Belimbing Wuluh

Anda akan cukup mudah menemukan belimbing wuluh di pasaran. Tak hanya cocok dijadikan bahan tambahan makanan, buah ini juga cocok jadi salah satu obat alami untuk menyembuhkan batuk.

Meskipun rasanya sangatlah asam, tapi belimbing wuluh dipercaya sebagai obat batuk alami yang ampuh. Hal ini berkaitan dengan kandungan di dalamnya, yaitu mengandung anti radang.

11. Daun Jintan

Jintan merupakan salah satu bumbu yang umumnya ditemukan di dapur. Selain itu, daunnya pun sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya bisa jadi obat batuk alami.

Tak hanya bisa dijadikan obat batuk alami. Kandungan daun jintan juga diketahui mampu mengatasi masalah sesak napas.

12. Buah Mengkudu

Beberapa tahun silam, buah ini sempat viral karena sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat dari mengkudu, yaitu bisa dijadikan obat batuk alami.

Tekstur unik dengan rasa pahit pada buah ini, dipercaya sebagai obat penyakit diabetes. Anda dapat mengonsumsinya dengan cara di jus dan diambil sarinya.

13. Yogurt

Batuk bisa terjadi salah satunya karena adanya kuman yang menyerang tubuh. Di mana saat sistem daya tahan sedang lemah. Salah satu obat alami untuk mengobatinya, yakni dengan mengonsumsi yogurt.

Susu yang sudah difermentasi ini memiliki probiotik atau bakteri baik, mampu melawan bakteri-bakteri jahat yang mengganggu tenggorokan Anda.

Di dalam probiotik seperti yogurt, akan menghasilkan antibiotik dalam tubuh kita. Sehingga bakteri jahat jumlahnya akan berkurang.

14. Jus Wortel

Sayur wortel terkenal akan kandungan vitamin A, dipercaya mampu meningkatkan kinerja daya tangkap mata. Serta melindungi kulit dari bahayanya paparan sinar matahari.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalam wortel juga membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Oleh karena itu, kandungan nutrisi dan vitamin tersebut, wortel mampu mengobati batuk secara alami.

15. Air Putih Hangat

Khasiat air putih sudah dikenal sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan batuk membandel. Pertumbuhan bakteri dan virus dalam tubuh, dapat dihambat dengan rajin minum air hangat.

Baca juga: Sang Istri Positif Covid-19, Hengky Kurniawan Minta Bantuan Doa

Selain itu dengan minum air hangat, maka tenggorokan akan menjadi lebih terasa lega dan nyaman. Minum air putih hangat bisa jadi pertolongan pertama Anda saat batuk menyerang.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9135 seconds (0.1#10.140)