Ini 6 Tanda Fisik Kolesterol Tinggi, Kenali dan Segera Obati

Jum'at, 22 Juli 2022 - 15:33 WIB
loading...
Ini 6 Tanda Fisik Kolesterol Tinggi, Kenali dan Segera Obati
Sedikitnya ada enam tanda fisik kolesterol tinggi yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam tanda fisik kolesterol tinggi yang bisa diketahui. Dengan memahaminya, Anda bisa segera melakukan tindakan dan pengobatan.

Kolesterol merupakan lemak berwarna kekuningan yang diproduksi dalam tubuh. Sebenarnya keberadaannya sebagai senyawa lemak kompleks ini memiliki fungsi tersendiri yaitu sebagai membuat hormon seks, hormon korteks adrenal, vitamin D, dan untuk membuat garam empedu yang membantu usus untuk menyerap lemak.

Baca juga : Apakah Pete Mengandung Kolesterol? Begini Penjelasannya

Namun memiliki kolesterol berlebih tentunya berbahaya karena bisa menjadi pemicu penyakit jantung dan stroke. Untuk itu penting bagi seseorang mengetahui kadar kolesterol dalam tubuhnya.

Mengutip dari Jurnal berjudul Sistem Mendiagnosa Penyakit Kolesterol Pada Remaja dengan Metode Certainty Factor Berbasis Web milik Hengki Tamando Sihotang, untuk mengetahui hal tersebut adalah menggunakan tes laboratorium. Bila kadarnya melebihi 240 mg, itu artinya sudah batas peringatan yang harus diturunkan.

Tetapi ada juga ciri fisik yang membuat seseorang mengetahui bahwa kadar kolesterol yang dimilikinya tinggi. Berikut enam tanda fisik kolesterol tinggi :

1. Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang

Kondisi ini disebabkan karena adanya penumpukan plak pada area leher. Penumpukan ini yang menyebabkan aliran darah di area leher terhalangi dan inilah yang membuat bagian tengkuk atau kepala terasa pegal atau sakit.

2. Pegal ini juga sampai ke pundak

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Munculnya pegal di area pundak ini juga memiliki penyebab yang sama, bedanya plak yang menumpuk berada di area sekitar pundak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)