G20 Orchestra Sukses Kumpulkan Pemain Orkestra Terbaik Dunia

Jum'at, 22 Juli 2022 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Datang dari 18 negara, tanpa Arab Saudi dan Turki, kata Ananda, anggota G20 Orchestra terdiri dari 34 lelaki dan 26 perempuan. "Target kami untuk mendapatkan separuh-separuh jumlah lelaki dan perempuan hanya meleset sedikit," lanjutnya.

Ananda Sukarlan juga menyebutkan jika musisi Tanah Air yang tergabung di G20 Orchestra kebanyakan tidak dikenal dalam lingkaran musik klasik dan bergabung dengan orkes-orkes di Jakarta.

"Bahkan dari Amerika kita mendapatkan pemain viola Toby Winarto, yang berdarah 100% Indonesia. Tapi memang lahir dan berkewarganegaraan AS, dan berkarier cukup cemerlang, serta baru saja diterima di New World Symphony. Kita tidak akan tahu tentang Toby kalau tidak ada G20 Orchestra ini," bebernya.

Sementara itu, Ananda Sukarlan sempat bertanya-tanya, dengan penduduk 250 juta lebih, kenapa Indonesia tidak bisa mendapatkan 70-an musisi berkualitas prima untuk membuat orkestra kelas dunia?

"Sekarang, kita tahu mengapa dan bagaimana mengatasinya. Sekarang, ini hanya masalah teknis, dan #g20orchestra telah mulai memecahkan masalah tersebut dan mengeksekusinya. Dengan G20 Orchestra, kita telah membuka babak baru," paparnya.

Baca juga: Pentingnya Orang Tua Memahami Emosi Sendiri bagi Tumbuh Kembang Anak

"Semoga inisiasi G20 orchestra dari pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia ini bisa menjadi sebuah awal dari G20 Orchestra lain nya di tahun-tahun berikutnya di masa Presidensi negara lainnya," tutup Ananda Sukarlan.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1998 seconds (0.1#10.140)