Cara Buat Jamu Tradisional untuk Turunkan Kolesterol

Minggu, 24 Juli 2022 - 10:40 WIB
loading...
Cara Buat Jamu Tradisional untuk Turunkan Kolesterol
Cara buat jamu tradisional untuk menurunkan kolesterol bisa menggunakan berbagai bahan alami yang ada di rumah. Diantaranya menggunakan kunyit. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Cara buat jamu tradisional untuk menurunkan kolesterol bisa menggunakan berbagai bahan alami yang ada di rumah.

Bagi penderita kolesterol, jamu dapat dijadikan alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Jamu tradisional yang digunakan untuk menurunkan kolesterol sebetulnya beragam. Lantas jamu tradisional apa saja yang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:



1. Daun sirih
Kolesterol bisa diobati secara alami, sepertinya patut juga dicoba menggunakan daun sirih. Salah satu cara mengonsumsi daun sirih, guna menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Bisa dengan merebusnya dalam air sampai mendidih, dengan jumlah daun sirih yang direbus minimal 3—4 lembar. Menurunkan kolesterol dengan daun sirih diungkapkan salah satu penelitian bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL).

"Efek penurun lipid dari daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol selanjutnya menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus," jelas keterangan dalam website Medindia, dikutip Minggu (24/7/2022)

2. Jahe

Jahe juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dalam sebuah penelitian tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima atau meminum 5 gram bubuk jahe setiap hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2819 seconds (0.1#10.140)