Jangan Takut Makan Nasi, Ini Manfaat Beras yang Perlu Diketahui

Senin, 25 Juli 2022 - 11:30 WIB
loading...
Jangan Takut Makan Nasi, Ini Manfaat Beras yang Perlu Diketahui
Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, beras memiliki banyak manfaat kesehatan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia yang dibuat dari beras. Hampir setiap hari masyarakat mengonsumsi nasi dengan berbagai lauk yang disajikan. Selain enak, ternyata nasi juga memiliki sejumlah manfaat lho.

Makanya, tak salah jika kita sebagai orang Indonesia mengonsumsi nasi. Karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, beras memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh kita, diantaranya sebagai berikut.

Meningkatkan metabolisme

Beras merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik seperti niasin, vitamin D, kalsium, serat, besi, tiamin, dan riboflavin. Vitamin ini memberikan fondasi untuk metabolisme tubuh, kesehatan sistem kekebalan tubuh, dan fungsi umum sistem organ karena vitamin dibutuhkan untuk banyak aktivitas dalam tubuh.

Mencegah penyakit Alzheimer

Beras mengandung nutrisi tinggi yang merangsang pertumbuhan dan aktivitas neurotransmitter, yang kemudian membantu mencegah penyakit Alzheimer sampai batas tertentu. Berbagai jenis padi juga telah terbukti dapat merangsang enzim neuroprotektif di otak, yang mampu menghambat efek radikal bebas dan racun berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan penyakit demensia dan Alzheimer.

Baca Juga : Susu Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh Hilangkan Lemak Jahat

Mengontrol tekanan darah

Beras mengandung sodium rendah sehingga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik bagi mereka yang mengidap hipertensi. Sodium dapat menyebabkan pembuluh darah dan arteri menyempit, meningkatkan tekanan dan ketegangan pada sistem kardiovaskular saat tekanan darah meningkat. Selain itu, sodium juga berpengaruh pada kondisi seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

Menyediakan energi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1647 seconds (11.97#12.26)