Susu Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh Hilangkan Lemak Jahat

Senin, 25 Juli 2022 - 07:11 WIB
loading...
Susu Penurun Kolesterol Tinggi, Ampuh Hilangkan Lemak Jahat
Susu penurun kolesterol tinggi terbukti cepat dan ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah. BHF merekomendasikan beralih dari susu murni ke susu skim. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Susu penurun kolesterol tinggi terbukti cepat dan ampuh menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang melonjak. British Heart Foundation (BHF) merekomendasikan untuk beralih dari susu murni ke susu skim.

Mengonsumsi susu jenis tersebut terbukti bisa membuat perbedaan besar pada kadar kolesterol. Diet sederhana ini terbukti dapat mencegah timbulnya serangan jantung atau stroke akibat dari kolesterol tinggi.

BHF juga menyarankan untuk mengganti mentega dengan minyak nabati, seperti minyak bunga matahari, zaitun atau minyak lobak. Penggunaan yoghurt juga merupakan alternatif yang lebih sehat.

Dilansir dari Express, Senin (25/7/2022) jika Anda gemar makan daging merah, pilihlah yang lebih rendah lemak. Serat membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diserap ke dalam aliran darah dari usus Anda.


Adapun makanan kaya serat meliputi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, oat, dan biji-bijian. Untuk menurunkan kolesterol, Anda juga dapat memilih gandum utuh, seperti roti cokelat atau roti lumbung daripada roti putih, karena mengandung lebih banyak serat.

Selain perubahan pola makan, cara lain untuk menurunkan kadar kolesterol adalah dengan berolahraga secara teratur. BHF menjelaskan bahwa memompa darah dengan berolahraga akan mengurangi kolesterol.

"Menjadi aktif membantu tubuh Anda memindahkan kolesterol jahat ke hati di mana dapat dikeluarkan dari sistem," jelas BHF.

NHS merekomendasikan semua orang untuk setidaknya 150 menit aktivitas sedang setiap minggu. Agar olahraga dapat mencapai tujuan ini, Anda harus melakukan aktivitas yang menyebabkan detak jantung tinggi.


Di sisi lain, untuk semua orang yang memiliki kolesterol tinggi, BHF merekomendasikan agar kadar kolesterol diperiksa setiap tahun untuk terus memantau kondisi kesehatan Anda.

Selain itu, kolesterol juga dapat diturunkan dengan tidak merokok dan minum alkohol.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)