Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Bidara, Campur Kayu Manis dan Lemon Agar Segar

Senin, 25 Juli 2022 - 19:15 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Daun Bidara, Campur Kayu Manis dan Lemon Agar Segar
Cara menurunkan kolesterol dengan daun bidara merupakan langkah paling mudah mengatasi gangguan kesehatan akibat lemak jahat dalam tubuh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan daun bidara merupakan langkah paling mudah mengatasi gangguan kesehatan akibat lemak jahat dalam tubuh.

Daun Bidara atau nama lainnya Zizyphus memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti bisa menurunkan kolesterol. Daun bidara diketahui mengandung bahan kimia yang juga dapat menurunkan kadar gula dan lemak dalam tubuh.

Melansir dari WebMD daun bidara dalam penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi zizyphus bisa menurunkan kolesterol total dan kolesterol low-density lipoprotein ( LDL atau jahat).

Dalam penggunaannya, tidak ada informasi ilmiah cukup. Untuk menentukan kisaran dosis yang tepat penggunaan daun bidara dalam menurunkan kolesterol.



"Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosis bisa menjadi penting," keterangan WebMD dikutip Senin (25/7/2022)

Selain itu, daun bidara memiliki sifat anti-diabetes, antiinflamasi, anti-plasmodial, dan anti-mikroba. Ada juga hemolitik, obat penenang, anxiolytic, sifat diuretik, analgesik, dan antioksidan.

Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui feses. Untuk mengonsumsi daun bidara sebagai ramuan penurun kolesterol.

Berikut cara mengolahnya dijadikan ramuan untuk menurunkan kolesterol;

- Siapkan beberapa lembar daun bidara yang telah dicuci bersih. Pilihlah daun bidara yang lebih tua.
- Rebus daun bidara dengan 3 gelas air putih hingga mendidih dan tinggal menjadi satu gelas saja.
- Konsumsi jika air rebusan daun bidara sudah dingin. Anda juga bisa mencampur dengan kayu manis dan lemon untuk mendapatkan rasa yang lebih segar.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)