Miliki Serat Tinggi, 4 Makanan Ini Layak Dikonsumsi Setiap Hari

Selasa, 26 Juli 2022 - 08:22 WIB
loading...
Miliki Serat Tinggi, 4 Makanan Ini Layak Dikonsumsi Setiap Hari
Asupan serat di dalam tubuh sangat dibutuhkan setiap manusia. / Foto: ilustrasi/ownsnap.com
A A A
JAKARTA - Asupan serat di dalam tubuh sangat dibutuhkan setiap manusia. Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan, agar mengonsumsi sekitar 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori yang dikonsumsi setiap hari.

Oleh karenanya, itu berarti sekitar 24 gram serat untuk wanita, dan 38 gram untuk pria.

Guna membantu Anda untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi, berikut empat makanan yang bisa jadi pilihan, seperti dinukil dari Health Line pada Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Prilly Latuconsina Tepis Kabar Pacaran dengan Imam Usman

1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi untuk diet. Pasalnya, di dalamnya mengandung serat tinggi.

Brokoli sarat dengan vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B, kalium, zat besi, dan mangan dan mengandung antioksidan, serta nutrisi pelawan kanker yang kuat.

Brokoli juga relatif tinggi protein, dibandingkan dengan kebanyakan sayuran.

2. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu yang cukup banyak digemari, karena rasanya segar dan mengandung vitamin C. Buah ini mengandung 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.

Stroberi padat nutrisi yang bisa Anda makan, mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat. Cobalah beberapa di smoothie stroberi yang dicampur dengan pisang.

3. Apel

Apel adalah salah satu buah yang rasanya lezat, dan juga bisa mengenyangkan, serta tinggi akan serat.

Apel mengandung serat sebanyak 4,4 gram berukuran sedang, atau 2,4 gram per 100 gramnya. Anda bisa mengonsumsinya sebagai salad.

4. Buncis

Sayuran yang kaya akan serat adalah buncis, jenis lain dari kacang-kacangan yang sarat dengan nutrisi, termasuk mineral dan protein.

Baca juga: 3 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan, Nomor 2 Tak Disangka

Sayuran satu ini cukup mudah ditemukan, dan banyak dijual di pasaran. Jadi Anda bisa mengonsumsi buncis dengan berbagai cara, misalnya direbus atau sebagai lalapan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)