3 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan, Nomor 2 Tak Disangka

Selasa, 26 Juli 2022 - 07:07 WIB
loading...
3 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan, Nomor 2 Tak Disangka
Mandi menjadi salah atau kewajiban bagi kita setelah beraktivitas sehari-hari. Selain menyegarkan, mandi juga bisa membersihkan diri dari berbagai kuman. Foto/Ilustrasi/Quora
A A A
JAKARTA - Mandi menjadi salah atau kewajiban bagi kita setelah beraktivitas sehari-hari. Selain menyegarkan, mandi juga bisa membersihkan diri dari berbagai kuman.

Bagi mereka yang suka air dingin, mungkin kadang memilih mandi air dingin. Lantas apakah mandi dingin itu bermanfaat bagi kesehatan?. Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan endorfin
Mandi air dingin ternyata bisa meningkatkan endorfin atau zat kimia yang diproduksi secara alami. Untuk meredakan rasa nyeri dan stres dalam tubuh.

"Endorfin terkadang disebut hormon kebahagiaan, juga dilepaskan. Efek ini mengarah pada perasaan sejahtera dan optimisme," keterangan Healthline dikutip Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Ini 4 Manfaat Mandi Es Batu setelah Olahraga

2. Meningkatkan sirkulasi
Khusus bagi para atlet, mandi air dingin diketahui bermanfaat bagi kesehatan. Melihat data yang mendukung, air dinginmampu penyembuhan setelah cedera berolahraga.

3. Melawan penyakit
Mandi air dingin juga diketahui bisa melawan penyakit. Leukosit membantu melawan infeksi di dalam tubuh. Kejutan air dingin dalam aliran darah bisa merangsang leukosit.

Artinya, mandi air dingin dapat membantu daya tahan tubuh Anda terhadap penyakit umum, seperti pilek dan flu. Menurut Healthline ada uji klinis, menunjukkan bahwa orang-orang mandi air dingin lebih jarang keluar dari pekerjaan.

"Mandi air dingin rutin menghasilkan pengurangan statistik ketidakhadiran penyakit yang dilaporkan sendiri. Tetapi tidak hari sakit pada orang dewasa tanpa komorbiditas yang parah," keterangan kesimpulan dalam penelitian Pengaruh Mandi Air Dingin pada Kesehatan dan Pekerjaan: Uji Coba Terkendali Secara Acak dilansir National Institute of Health.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2977 seconds (11.97#12.26)