Tips Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Bau dan Menguning

Selasa, 26 Juli 2022 - 09:00 WIB
loading...
Tips Memasak Nasi Agar Tidak Cepat Bau dan Menguning
Beras Keluarga Berkualitas bila diolah dengan cara yang benar bisa menghasilkan nasi yang pulen. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Sejak dulu, nasi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia. Bedanya, di zaman sekarang ini memasak nasi terbilang praktis, karena masyarakat menggunakan rice cooker atau bahkan smart cooker untuk memasak nasi.

Pernahkan Anda mengalami nasi yang bau dan menguning atau bahkan keras jika memasak menggunakan rice cooker?

Jangan khawatir, merangkum berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar nasi tidak cepat bau dan menguning.

Cuci beras menggunakan air bersih

Salah satu penyebab nasi cepat kuning dan basi adalah proses pencucian yang tidak bersih. Pastikan Anda mencuci beras hingga bersih disarankan maksimal sebanyak 3 kali, sehingga bau beras yang menempel bisa hilang, kotoran penyebab nasi cepat basi juga bisa hilang. Bersihkan juga penanak nasi dari sisa beras yang menempel.

Baca Juga : Mau Pintar Masak? Yuk Simak Tips Berikut Ini!

Gunakan takaran air yang sesuai

Tidak semua beras bisa ditanak dengan takaran air yang sama. Setiap beras punya ciri khas, ada beras yang butuh banyak air saat dimasak, ada yang butuh sedikit saja tapi sudah pulen dan enak. Pastikan jumlah takaran air sesuai saran takaran saji, agar nasi tidak kebanyakan air sehingga cepat menguning dan basi.

Masaklah beras sesuai batas maksimal Rice Cooker

Karena jika beras yang dimasak terlalu sedikit, nasi akan menjadi terlalu matang dan lembek sehingga menjadi lebih cepat basi. Atau jika Anda tidak ingin memasak beras dalam jumlah terlalu banyak, masaklah dengan takaran sekali santap agar nasi yang Anda hidangkan selalu pulen. Dan pastikan wadah penanak rice cooker dalam keadaan kering sebelum memasak dan dimasukan kedalam rice cooker.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1396 seconds (11.252#12.26)