3 Gejala Kanker Testis Paling Umum, Pria Wajib Tahu!

Selasa, 26 Juli 2022 - 20:58 WIB
loading...
3 Gejala Kanker Testis Paling Umum, Pria Wajib Tahu!
Pria mesti paham betul gejala kanker testis paling umum. Setiap pria punya risiko yang sama, meski beberapa kelompok rentan mengalami masalah kesehatan ini. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Pria mesti paham betul tiga gejala kanker testis paling umum. Ini karena setiap pria punya risiko yang sama, meski ada beberapa kelompok rentan mengalami masalah kesehatan ini.

Menurut laporan American Cancer Society, kelompok rentan terkena kanker testis antara lain pria yang testisnya tidak turun, punya riwayat keluarga dengan kanker testis, pernah terinfeksi HIV, pernah menderita kanker testis sebelumnya, serta ukuran badan.

Namun, memiliki faktor risiko tidak berarti Anda akan terkena kanker testis. Bahkan, beberapa pasien kanker testis tidak memiliki faktor risiko.

Berikut tiga gejala kanker testis seperti dilansir dari American Cancer Society, Selasa (26/7/2022).

Baca Juga: Ciri Khas dan Penyebab Tumor Testis seperti yang Dialami Sebastian Haller

1. Benjolan atau Pembengkakan di Testis

Gejala paling sering pada kasus kanker testis adalah muncul benjolan atau pembengkakan di testis. Beberapa tumor testis menyebabkan rasa sakit, tetapi sebagian besar kasus tidak. Pria yang memiliki kanker testis juga biasanya mengeluhkan rasa sakit di perut bawah atau skrotum.

2. Nyeri Payudara

Kondisi ini disebabkan jenis tumor sel germinal tertentu mengeluarkan hormon tingkat tinggi yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG) yang merangsang perkembangan payudara.

3. Pubertas Dini pada Anak Laki-laki

Beberapa tumor sel leydig dapat membuat androgen (hormon seks pria). Tumor penghasil androgen mungkin tidak menimbulkan gejala apapun pada pria dewasa, tetapi pada anak laki-laki, tumor tersebut menyebabkan pubertas dini yang tidak normal.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1637 seconds (10.101#12.26)