Mau Mendaki Gunung? Berikut Peralatan Wajib Bagi Pendaki Gunung

Selasa, 26 Juli 2022 - 21:06 WIB
loading...
Mau Mendaki Gunung? Berikut Peralatan Wajib Bagi  Pendaki Gunung
Kredit foto. Freepik
A A A
JAKARTA - Aktivitas mendaki gunung merupakan kegiatan outdoor yang menantang sekaligus menyenangkan. Apalagi jika kamu dan teman merupakan pecinta alam dan senang berkegiatan di alam bebas.

Berlibur ke daerah pegunungan sedang banyak diminati. Baik itu para pendaki yang sudah profesional atau pun pendaki pemula. Namun, kegiatan outdoor ini membutuhkan persiapan matang demi kelancaran dan keselamatan para pendaki, lho.

Sebagian para pendaki gunung masih saja ada yang sengaja tidak membekali peralatan wajib mendakinya. Peralatan mendaki ini amatlah penting ketika sudah melangkah ke hutan atau menginjak alam liar. Keselamatan dan kenyamanan selama mendaki sangat bergantung peralatan yang kita bawa.

Mendaki gunung merupakan aktivitas wisata sekaligus olahraga yang cukup berisiko. Dengan medan yang curam dan cuaca yang ekstrem di gunung, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya mempersiapkan peralatan mendaki gunung.

Nah, beberapa peralatan pun wajib dibawa, jika kamu ingin mendaki gunung yang ada di Indonesia, di antaranya:

1. Jaket gunung
Agar terhindar dari udara dingin saat mendaki gunung, kamu wajib membawa jaket gunung. Selain bisa melindungi tubuhmu dari hipotermia, jaket gunung juga bisa melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari saat mendaki. Perlu kamu ketahui kalau cuaca di gunung terkadang bisa saja cepat berubah dan turun hujan. Maka dari itu, selalu sediakan jas hujan untuk menghindari guyuran hujan dan terpaan angin.

2. Tenda camping
Bawalah tenda camping dengan ukuran sesuai jumlah rekan kamu saat naik gunung. Jangan terlalu besar atau kecil. Jika terlalu besar, maka akan terlalu berat saat membawanya. Selain terhindar dari sinar dan panas matahari, tenda camping juga dapat melindungi diri dari hujan dan juga dinginnya angin malam. Pilihlah tenda camping dengan bahan yang memiliki resistensi terhadap tekanan air yang tinggi atau tahan air.

3. Sleeping bag
Peralatan ini juga tidak boleh dilupakan saat akan naik gunung. Pilihlah sleeping bag atau kantong tidur yang bisa dilipat, digulung, dan dimasukan ke dalam tas. Simpel dan tidak makan tempat. Pilihlah bahan yang halus dan adem. Bahan catton lining akan membuat istirahat kamu di gunung lebih nyaman.

4. Perlengkapan medis
Peralatan medis atau obat-obatan pribadi juga wajib kamu bawa saat naik gunung. Hal ini tentu bisa sebagai tindakan pertolongan pertama bagi kamu atau orang lain jika berada dalam kondisi darurat. Selain obat-obatan, kamu juga bisa membawa deker elastis, bidai, dan perban sebagai bentuk antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan, seperti terkilir dan sebagainya.

5. Trekking pole
Trekking pole adalah salah satu perlengkapan pilihan yang bisa dibawa ketika hendak mendaki gunung. Alat ini juga cukup bermanfaat untuk keamanan dalam mendaki. Alat ini membantu mendapatkan ritme mendaki yang konsisten, serta mendorong tubuh tetap bergerak ke depan, menjaga keseimbangan, hingga membantu ketika kamu kelelahan saat membawa beban yang berat di punggung.

6. Peralatan serba guna
Gunakan pisau lipat yang multi fungsi. Tentunya kamu juga pasti akan membutuhkan korek api untuk membuat perapian, entah untuk memasak, menghangatkan badan, atau melindungi diri dari ancaman hewan liar. Senter combo bertenaga surya dan baterai high-durability juga sebaiknya kamu bawa. Pilih senter headlamp yang lebih praktis, ya.

Itulah beberapa peralatan wajib bagi pendaki gunung. Pastikan juga kamu siap secara fisik dan mental sebelum naik gunung, yah. Kamu bisa mendapatkan peralatan tersebut lewat Tokopedia. Beli peralatan gunung terbaik harga murah dan terbaru di Tokopedia! Dapatkan promo pengguna baru, bebas instan, bebas ongkir, dan cicilan 0 persen. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)