Cara Menurunkan Kolesterol dengan Lidah Buaya, Lengkap Beserta Takarannya

Selasa, 26 Juli 2022 - 21:20 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Lidah Buaya, Lengkap Beserta Takarannya
Cara menurunkan kadar kolesterol dengan lidah buaya rupanya bisa dilakukan dengan mudah. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kadar kolesterol dengan lidah buaya rupanya bisa dilakukan dengan mudah. Dengan memahaminya, pengidap kolesterol tidak perlu lagi khawatir akan kolesterol tinggi.

Tanaman lidah buaya berwarna hijau dan memiliki gel atau lendir di bagian dalamnya. Cara mengkonsumsi tanaman ini adalah dengan memotong lidah buaya berbentuk dadu kecil yang kemudian direbus dengan air kemudian ditambahkan madu, sirup atau sedikit gula.

Baca juga : 10 Cara Mengolah Lidah Buaya Menjadi Makanan dan Minuman

Melansir dari Jurnal berjudul Pengaruh Pemberian Jus Lidah Buaya (Aloevera) Terhadap Kadar Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL) oleh Yulika Sianipar dan Muflihah Isnawati, Tanaman lidah buaya ini dapat menurunkan profi lipid dalam darah dan menurunkan kadar glukosa dalam darah secara signifikan.

Kandungan Aloe vera juga diduga dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL adalah serat larut air yaitu glukomanan, antioksidan, flavonoid, niacin, vitamin C, magnesium, selenium, dan zinc.

Berdasarkan penelitian pada tikus, jus lidah buaya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan menaikkan kadar kolesterol HDL secara signifikan.

Penelitian pada tikus yang dilakukan oleh Hermawan Istiadi, jus Aloe vera menunjukkan terjadinya penurunan kadar kolesterol LDL sebesar 11,85% (2ml/hari) dan peningkatan kadar kolesterol HDL sebesar 32,95 % (2 ml/hari).

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Lalu bagaimana ujian tersebut dilakukan pada manusia?

Dalam penelitiannya dengan subyek Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah serta Balai Latihan Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah telah dilakukan sampel sebanyak 43 orang yang dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok yang tidak diberi lidah buaya, kelompok yang diberi 100 mg per hari dan kelompok yang diberi 200 mg/hari jus lidah buaya dalam kurun waktu dua minggu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1570 seconds (11.210#12.26)