Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Merah, Ini Jumlah yang Harus Dikonsumsi

Rabu, 27 Juli 2022 - 13:12 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Bawang Merah, Ini Jumlah yang Harus Dikonsumsi
Cara menurunkan kolesterol dengan bawang merah bisa menjadi alternatif dengan gaya hidup sehat. Bawang merah dikenal luas memberi manfaat baik bagi kesehatan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan bawang merah bisa menjadi alternatif bersama dengan obat kolesterol dan menjalani gaya hidup sehat. Bawang merah sendiri dikenal luas memberi manfaat baik bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi pada bawang merah sebanyak 80 persen dari total keseluruhan beratnya. Kandungan baik yang ada di bawang merah antara lain magnesium dan seng.

Dilansir dari Archyde, Rabu (27/7/2022) bawang merah memberi manfaat baik untuk menurunkan kolesterol. Hal ini berkat efek melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Ada kandungan essential oil alliin dan allicin di dalam bawang merah. Kandungan itu yang membuatnya baik untuk menurunkan kolesterol jahat.



Disarankan agar menambahkan bawang merah ke dalam menu diet harian. Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai tambahan salad, acar, atau jadi penambah di sayuran Anda. Bawang merah juga bisa menjadi pendamping makanan.

Agar manfaatnya lebih terasa, konsumsi bawang merah harus lebih banyak dari biasanya. Meski ada manfaat yang coba ditawarkan dari bawang merah untuk menurunkan kolesterol, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter.

Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel-sel yang sehat, tetapi kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dengan kolesterol tinggi, Anda dapat mengembangkan timbunan lemak di pembuluh darah. Akhirnya, endapan ini tumbuh, sehingga sulit bagi darah untuk mengalir melalui arteri. Terkadang, endapan dapat pecah secara tiba-tiba dan membentuk gumpalan yang menyebabkan serangan jantung atau stroke.


Kolesterol tinggi dapat diturunkan, tetapi seringkali merupakan akibat dari pilihan gaya hidup yang tidak sehat, yang membuatnya dapat dicegah dan diobati. Diet sehat, olahraga teratur, dan terkadang obat-obatan dapat membantu mengurangi kolesterol tinggi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)