Kenali Risiko Smartphone Garansi Tak Resmi, Jangan Asal Beli!

Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:30 WIB
loading...
Kenali Risiko Smartphone Garansi Tak Resmi, Jangan Asal Beli!
Smartphone merupakan sebuah produk elektronik yang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di era digital. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Smartphone merupakan sebuah produk elektronik yang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat di era digital. Hal ini lantas membuat banyak orang berlomba-lomba membeli smartphone demi memudahkan kehidupan.

Malahan, ada yang rela membeli smartphone bergaransi tak resmi dengan harga lebih terjangkau tanpa memikirkan risiko dan persoalan yang akan terjadi setelahnya.

Padahal, smartphone dengan garansi tidak resmi sebenarnya memiliki bahaya yang bisa merugikan pengguna. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membeli, kenali risiko membeli smartphone dengan garansi tak resmi.

1. Komponen Tak Terjamin Keasliannya

Smartphone akan berjalan normal dan tanpa kendala apabila komponen yang digunakan sesuai standar dari merek tersebut.

Baca Juga: Sarapan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Ampuh dan Mudah Dibuat

2. Tidak Dapat Menggunakan Layanan After Sales

Anda tidak akan menerima jaminan berupa layanan perbaikan smartphone secara gratis di service center resmi. Karena itu, meski mereknya sama dengan smartphone garansi resmi yang beredar, Anda belum tentu dapat membawa smartphone bergaransi tidak resmi untuk diperbaiki di tempat resmi.

3. Berpotensi Kena Blokir IMEI

Risiko membeli smartphone bergaransi tidak resmi terakhir adalah berpotensi terblokir oleh pemerintah sebab nomor IMEI tak teregistrasi di Kemenperin (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia). Berdasarkan undang-undang yang baru, smartphone yang tak teregistrasi IMEI-nya tidak akan bisa terhubung dengan jaringan seluler.

Dampaknya, pengguna tidak akan bisa melakukan aktivitas seperti mengirim pesan, melakukan panggilan telepon ataupun terkoneksi ke jaringan internet. Hal ini membuat Anda tak akan bisa memakai nomornya.

Pastikan ponsel yang Anda beli bergaransi resmi. Salah satu distributor resmi adalah TAM (Teletama Artha Mandiri) yang resmi dan sudah melewati proses yang ditetapkan berbagai pihak berwenang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga: Camilan yang Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat dalam Hitungan Jam, Ampuh Konsumsi 1 Porsi

Selain mendapatkan pengalaman terbaik dalam penggunaannya, membeli smartphone bergaransi resmi yang didistribusikan TAM membuat Anda merasa aman karena terlindungi dari kerugian akibat menggunakan smartphone tak resmi.
(dra)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1733 seconds (11.97#12.26)