Apakah Lobster Mengandung Kolesterol Tinggi? Yuk, Simak Fakta Berikut Ini

Sabtu, 30 Juli 2022 - 12:48 WIB
loading...
Apakah Lobster Mengandung Kolesterol Tinggi? Yuk, Simak Fakta Berikut Ini
Lobster diketahui memiliki sejumlah besar kandungan mineral seperti zinc, kalsium, fosfor, kalium, serta Vitamin B. / Foto: ilustrasi/SINDOphoto/Yorri farli
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal apabila tidak segera ditangani.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada seseorang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya, termasuk penyumbatan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Kolesterol meningkat bisa juga diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi. Di sisi lain, terdapat salah satu makanan laut yang banyak digemari masyarakat, yakni lobster .

Baca juga: Perdalam Ilmu Agama Islam, Laudya Cynthia Bella Fokus Tingkatkan Ketakwaan

Dikutip dari Consumer Reports, satu porsi (3 ½ ons) lobster memiliki kandungan 89 kalori, 19 gram protein, dan kurang dari 1 gram lemak.

Hal itu membuatnya menjadi sumber protein tanpa lemak dan rendah kalori. Sama halnya jenis kerang lainnya, lobster kaya akan nutrisi.

Menurut Faye L. Dong, Ph.D, seorang profesor emerita di Departemen Ilmu Pangan dan Nutrisi Manusia, lobster memiliki sejumlah besar kandungan mineral seperti zinc, kalsium, fosfor, kalium, serta Vitamin B.

Lantas, bagaimana dengan kadar kolesterol dalam lobster? Lobster memiliki reputasi buruk karena sering disebut memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Satu porsi lobster (3 ½ ons) memiliki sekitar 145 mg kolesterol. Namun, jangan salah. Meski memiliki kadar kolesterol yang tinggi, lobster sangat rendah lemak jenuh.

Pada prosesnya, lemak jenuh sangat penting untuk diperhatikan dalam pengelolaan kadar kolesterol seseorang. Makanan dengan lemak jenuh yang tinggi terbukti meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh. Akan tetapi, lobster sendiri sangatlah rendah lemak jenuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)