WBI Konsisten Lestarikan Budaya dan Kuliner Indonesia Lewat Jagantara

Sabtu, 30 Juli 2022 - 21:50 WIB
loading...
WBI Konsisten Lestarikan Budaya dan Kuliner Indonesia Lewat Jagantara
WBI secara konsisten melestarikan budaya dan kuliner Indonesia di tengah gempuran budaya asing. Hal tersebut dibuktikan melalui digelarnya Jagantara. Foto/Novie Fauziah
A A A
JAKARTA - Warisan Budaya Indonesia (WBI) secara konsisten melestarikan budaya dan kuliner Indonesia di tengah gempuran budaya asing. Hal tersebut dibuktikan melalui digelarnya Jagantara (Jaga Warisan Nusantara).

Anggota WBI bidang pameran, Nia Kurnia mengatakan pihaknya semangat melestarikan kuliner Indonesia. Dalam hal ini anak-anak muda sangat berperan penting dalam melestarikan budaya, terutama kuliner Indonesia.

Hal ini bertujuan agar budaya dari luar tidak semakin mendominasi sehingga khawatir ada pergeseran pengetahuan terhadap budaya sendiri.

"Di sini kami sangat menjaga, agar makanan khas Indonesia agar terus dinikmati. Lalu anak-anak muda juga tetap mengetahui makanan tradisional dari Indonesia," kata Nia saat ditemui di SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (30/7/2022).


"Kami konsen terhadap pelaku budaya-budaya di Indonesia, untuk terus semangat membuat atau memproduksi karya-karya. Agar terus, karena karya-karya budaya itu sangat berpengaruh terhadap ekonomi kita," tambahnya.

Jagantara merupakan ruang bagi masyarakat untuk memiliki kepedulian bersama akan berharganya kekayaan budaya Indonesia. Terlebih, di era modern seperti sekarang ini yang tanpa disadari berbagai unsur budaya termasuk kesenian dan adat istiadat perlahan terkikis dan tergantikan oleh unsur budaya luar.

Hadirnya Jagantara juga diharapkan bisa membangun rasa cinta pada bangsa Indonesia, khususnya bagi kaum muda, dan diharapkan dapat terus mendukung keberadaan pelaku budaya di negeri ini. Tidak hanya itu, Jagantara juga diharapkan bisa menjadi ruang bagi mereka yang mau berkarya.

Acara yang berlangsung dari 29 Juli hingga 21 Agustus 2022 di Ashta District 8, Jakarta Selatan ini memanjakan masyarakat dengan berbagai kegiatan. Mulai dari wastra nusantara, kuliner, sinema, kerajinan tangan, dan interior, serta berbagai kegiatan lainnya bertemakan anak muda.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1494 seconds (0.1#10.140)