Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat, Cepat dan Aman

Selasa, 02 Agustus 2022 - 05:00 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat, Cepat dan Aman
Cara menurunkan kolesterol jahat bisa dilakukan tanpa obat. Cara ini terbukti cepat dan aman menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang melonjak. Foto/Concierge Medicine in Tucson
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol jahat bisa dilakukan tanpa obat . Cara ini terbukti cepat dan aman menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang melonjak, dan bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti stroke dan serangan jantung.

Ini karena kolesterol bergabung dengan zat lain dalam darah dan menumpuk di dinding arteri. Penumpukan ini dapat mempersempit dan menyumbat arteri, mengurangi aliran darah sehingga meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Kabar baiknya, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dan bahkan mencegah kolesterol jahat. Profesor kardiologi di Stritch School of Medicine di Universitas Loyola di Chicago Ivan V Pacold, MD mengatakan bahwa pilihan gaya hidup penting.

Jika perubahan ini tidak muncul secara langsung dalam jumlah kolesterol, dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Berikut cara menurunkan kolesterol jahat dilansir dari Everyday Health, Selasa (2/8/2022).



1. Keturunan

Jika memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung, kemungkinan besar Anda juga memiliki kolesterol tinggi. Meskipun relatif jarang, beberapa orang juga membawa kondisi genetik yang disebut hiperkolesterolemia familial (FH), yang menyebabkan kadar kolesterol jahat tinggi pada usia muda dan, jika tidak diobati, dapat menyebabkan serangan jantung dini.

Dalam kasus ini, diperlukan lebih dari sekadar perubahan gaya hidup untuk menjaga agar angka kolesterol tetap terkendali. Jika Anda mengetahui bahwa secara genetik cenderung memiliki kolesterol tinggi atau sudah memiliki kolesterol tinggi meskipun telah melakukan perubahan gaya hidup yang sehat untuk jantung, dokter akan merekomendasikan obat penurun kolesterol.

2. Menjaga Berat Badan

Kelebihan berat badan atau obesitas cenderung meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Jaga berat badan Anda dalam kisaran normal melalui diet dan olahraga untuk mencegah, serta mengobati kolesterol tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3305 seconds (0.1#10.140)