Begini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Timun

Selasa, 02 Agustus 2022 - 07:59 WIB
loading...
Begini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Timun
Timun atau mentimun adalah sayuran kaya manfaat, salah satunya adalah mengontrol darah tinggi. / Foto: ilustrasi/allaboutgardening.com
A A A
JAKARTA - Timun atau mentimun adalah sayuran kaya manfaat, salah satunya adalah mengontrol darah tinggi . Tapi, apakah Anda tahu bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan timun?

Timun merupakan sayuran dari keluarga cucurbits. Itu kenapa, biji timun bentuknya sama dengan labu maupun blewah. Sayuran jenis ini bisa dimakan mentah dan mengandung banyak nutrisi.

Ya, timun mengandung kalori dengan jumlah yang aman, rendah lemak, natrium, kalium, karbohidrat, serat, glukosa, protein, vitamin A, B12, B6, C, dan D, serta kalsium.

Baca juga: Inul Daratista Turut Bangga Zainul Jadi Pemenang Rising Star Dangdut

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang dikandung timun, tidak heran kalau sayuran ini bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya menurunkan darah tinggi. Bahkan, timun bisa jadi solusi cepat ketika Anda dehidrasi karena kandungan air yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan timun?

Dijelaskan dalam laman Health Benefits, rutin mengonsumsi timun ternyata terbukti secara ilmiah menurunkan darah tinggi atau hipertensi. "Konsumsi timun secara rutin mampu menstabilkan tekanan darah," terang laman kesehatan tersebut, dikutip Selasa (2/8/2022).

Dikatakan di sana bahwa Anda boleh mengonsumsi timun secara mentah atau diolah menjadi menu makanan atau minuman tertentu. Variasi dari mengolah timun diperlukan supaya Anda tidak bosan mengonsumsi sayuran ini.

Menariknya, timun dipercaya bisa meredakan gejala darah tinggi seperti sakit kepala. Jadi, ketika sakit kepala menyerang, yang dikaitkan dengan darah tinggi, Anda disarankan minum jus timun.

"Jus timun itu selain rasanya yang menyegarkan, juga dapat menghilangkan rasa sakit kepala yang Anda rasakan saat darah tinggi kambuh," terang laporan tersebut.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol Jahat Tanpa Obat, Cepat dan Aman

Jadi, itulah manfaat dan bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan timun. Agar hasilnya lebih baik, disarankan sekali untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)