Cara Menurunkan Kolesterol dengan Propolis, Patut Dicoba

Selasa, 02 Agustus 2022 - 08:27 WIB
loading...
Cara Menurunkan Kolesterol dengan Propolis, Patut Dicoba
Cara menurunkan kolesterol dengan propolis perlu untuk diketahui agar hasilnya bisa lebih optimal. / Foto: ilustrasi/draxe.com
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan kolesterol dengan propolis perlu untuk diketahui. Propolis memang telah dikenal luas manfaatnya bagi kesehatan.

Bahan alami yang satu ini bahkan dipercaya ampuh turunkan kolesterol . Penting bagi Anda untuk mengetahui cara menurunkan kolesterol dengan propolis, sehingga hasilnya bisa lebih optimal.

Propolis terbukti memberi dampak nyata pada penurunan kolesterol melalui studi yang dilakukan pada tikus. Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Lipids.

Baca juga: Begini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Timun

"Ada efek propolis yang dinamakan 'transportasi kolesterol terbalik', yang mana ini adalah proses yang menghasilkan pergerakan kolesterol baik kembali ke hati melalui darah, sehingga hati dapat membuang kolesterol jahat melalui empedu," papar studi tersebut, dikutip dari laman Bee Pollen Buzz, Selasa (2/8/2022).

Bagaimana peneliti tahu efek ini?

Para ilmuwan diketahui menyuntikkan kolesterol ke tikus yang diberi propolis sebelumnya. Peneliti kemudian mengukur parameter yang berbeda pada tikus untuk mengetahui apakah propolis meningkatkan kemampuan tubuh menghilangkan kolesterol.

Luar biasanya, menurut hasil studi, penelitian ini membuktikan bahwa propolis memang melakukan tugas tersebut. "Propolis mampu meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi risiko penyakit jantung," sebut studi tersebut.

Bahkan, peneliti di Institut Pertanian Bogor (IPB) pun membuktikan bahwa propolis memberi dampak baik pada penurunan kolesterol di tubuh ayam. Penelitinya bernama Rifai Anugrah.

Menurut laporan studi, ayam diberi pakan oncom yang dicampur propolis mentah yang dibagi dalam lima komposisi berbeda. Setelah itu, kadar total kolesterol dianalisis tiga kali, yaitu tepat pada saat diberikan, pada minggu pertama, kedua setelah diberikan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2028 seconds (11.210#12.26)