Menjelajahi Ribuan Kilometer, Menembus Tiga Provinsi di Kanada

Rabu, 03 Agustus 2022 - 08:56 WIB
loading...
Menjelajahi Ribuan Kilometer, Menembus Tiga Provinsi di Kanada
Hutan pinus membelah jalan di Kanada. Rusa seringkali melintasi jalan ini, terutama pada malam hari. Foto/Achmad Fasisal Nasution
A A A
KANADA - Kanada , negara yang berada di Amerika Utara ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Hutan pinus, ratusan ribu danau, gugusan gunung Rocky Mountain dan ditopang infrastruktur yang baik menjadikan traveler betah berlama-lama menikmati keelokannya.

Lantaran penasaran dengan keindahan panorama negara yang memiliki empat musim ini, pertengahan Juli lalu, saya bersama keluarga melakukan perjalanan berkendara menjelajahi jalur Trans Canada Highway sepanjang lebih dari 3.300 kilometer. Dari Kota Toronto, Provinsi Ontario ke Kota Edmonton, Provinsi Alberta.

Menjelajahi Ribuan Kilometer, Menembus Tiga Provinsi di Kanada

Suasana jalan di Ontario. Foto/Achmad Faisal Nasution

Jarak sejauh itu bisa ditembus dalam waktu 36 jam jika berkendara nonstop alias tidak berhenti. Tetapi kami memutuskan berhenti dan bermalam di kota yang kami capai setelah berkendara selama 8 jam. Itu artinya, kami hanya melakukan perjalan siang hari dan menghabiskan waktu 5 hari untuk tiba di kota yang berada di provinsi sebelah barat Kanada tersebut.

Ada juga jalur lain yang jarak tempuhnya lebih singkat sekitar 3 jam, yakni melewati wilayah Amerika Serikat, yakni Michigan, kemudian menyeberang dengan kapal ke Milwaukee-Minnesota-North Dakota dan masuk ke wilayah Kanada di kota Regina. Setelah itu lanjut ke Kota Saskatoon, Provinsi Saskatchewan dan sekitar lima jam kemudian tiba di Kota Edmonton.



Tetapi kami memilih jalur lintas Kanada yang menembus wilayah Ontario, yakni melewati Kota Sudbury, Thunder Bay, lantas masuk ke wilayah Provinsi Manitoba di Kota Winnipeg, lanjut ke Kota Saskatoon, Provinsi Saskatchewan, dan kemudian berhenti di Edmonton. Tidak mengapa jalur ini lebih lama dua sampai tiga jam dari jalur yang melewati wilayah Amerika Serikat daripada harus tertahan lama menjalani pemeriksaan di pos imigrasi negara Paman Sam tersebut. Apalagi infrastruktur jalan yang menghubungkan provinsi di seluruh Kanada termasuk mulus dan aman dari pelaku kejahatan.

Menjelajahi Ribuan Kilometer, Menembus Tiga Provinsi di Kanada

Dananu dan hamparan pertanian Kanola. Foto/Achmad Faisal Nasution

Oya, kami sengaja melakukan perjalanan siang hari karena banyak hewan liar seperti moose (rusa besar) dan rusa kerap berkeliaran serta menyeberang jalan pada malam hari. Karena jalur yang menghubungkan antarprovinsi di Kanada dan membelah hutan pinus hanya mengandalkan cahaya bulan. Seorang teman berasal dari Ukraina, Ilya mengatakan, beberapa kali truk yang dikemudikannya hampir menabrak moose yang seukuran seekor gajah. Pemerintah setempat memasang rambu peringatan di hampir sepanjang jalan Trans Canada Highway dari Provinsi Ontario hingga Saskatchewan.

Dengan mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang saya kemudikan, kami berangkat dari Toronto agak terlambat dari rencana, karena saya mengantarkan si sulung ke dokter gigi serta harus menyelesaikan suatu urusan terlebih dahulu. Ketika matahari tepat berada di atas kepala, barulah kami memulai perjalanan. Namun, kendala datang ketika Global Positioning System (GPS) yang saya pakai tidak berfungsi sehingga jalan masuk ke Highway 27 tidak kunjung ditemukan. Setelah muter-muter beberapa menit di kawasan Etobicoke, Toronto, barulah kami masuk ke jalan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)