Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Kopi di Pagi Hari

Senin, 08 Agustus 2022 - 21:41 WIB
loading...
Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Konsumsi Kopi di Pagi Hari
Oxone Coffee Maker dapat menghancurkan biji kopi menjadi halus dengan rasa kopi tidak begitu pekat dan sangat halus menjadi rasa kopi pekat. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang, mengonsumsi segelas kopi di pagi hari tidak hanya menjadi rutinitas, tetapi juga dianggap bisa meningkatkan mood alias suasana hati. Tidak hanya itu, mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas juga diyakini bisa meningkatkan kemampuan berpikir serta mengembangkan kreativitas

Nyatanya, rutin mengonsumsi segelas kopi di pagi hari bisa memberi sejumlah manfaat untuk tubuh, di antaranya:

1. Anti Stres dan Depresi
Rutin mengonsumsi segelas kopi hitam di pagi hari bisa membantu seseorang terhindar dari stres dan depresi. Pasalnya, kopi memiliki kandungan antidepresan serta bisa menjaga mood alias suasana hati lebih seimbang. Stres tidak hanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan menurunkan produktivitas, tetapi bisa berdampak dalam jangka panjang, termasuk memicu depresi yang berujung pada penurunan kualitas hidup pengidapnya.

2. Menurunkan Risiko Alzheimer
Kandungan kafein dalam kopi juga disebut bisa menjaga kesehatan otak dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terjadi karena proses penuaan. Maka dari itu, rutin minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer, demensia, dan penyakit Parkinson.

Baca Juga: Diabetes Tipe 2, Minum Kopi Pagi Hari Buruk untuk Gula Darah

3. Menurunkan Berat Badan
Siapa sangka, kopi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, dengan catatan kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau creamer. Kafein yang terkandung di kopi hitam disebut bisa memacu metabolisme tubuh, sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Semakin cepat proses pembakaran lemak terjadi, artinya penurunan berat badan bisa dicapai. Namun tentu saja, manfaat ini hanya bisa didapat jika konsumsi kopi hitam secukupnya dibarengi dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

4. Menurunkan Risiko Diabetes tipe 2
Mengonsumsi kopi hitam setiap hari juga bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Pasalnya, kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga penyakit ini bisa dicegah. Selain itu, kafein di dalam kopi juga bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini menurun karena ada kandungan asam klorogenat yang terdapat di dalam kafein.

Nah bagaimana dengan Anda? Sudahkah mengonsumsi kopi setiap hari?

"Gunakan Oxone Coffee Maker untuk menghancurkan biji kopi sampai sangat halus dan alatnya sangat mudah digunakan, membuat nyaman saat menyeduh kopi setiap hari untuk kesehatan tubuh” saran Khilqa Putri, Head of Merchandiser eMSHOP.

Oxone Coffee Maker dapat menghancurkan biji kopi menjadi halus dengan rasa kopi tidak begitu pekat dan sangat halus menjadi rasa kopi pekat. Alat ini dapat membuat kopi dari kopi biji dan kopi bubuk.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1924 seconds (11.97#12.26)