Waspada! Ini 13 Gejala Infeksi Prostat yang Sering Muncul pada Laki-laki

Selasa, 09 Agustus 2022 - 14:22 WIB
loading...
Waspada! Ini 13 Gejala Infeksi Prostat yang Sering Muncul pada Laki-laki
Infeksi prostat kerap terjadi pada laki-laki. Foto: Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak mengelilingi leher dari kandung kemih bagian bawah dan uretra (saluran kemih). Fungsi prostat adalah memproduksi cairan prostat, yang merupakan cairan utama dari air mani ketika ejakulasi.

Namanya organ tubuh, pasti ada saja gangguan kesehatan yang mengintai. Pada prostat, salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi adalah infeksi. Keadaan ini harus ditangani dengan cepat dan tepat sebelum terlambat.

Prostatitis adalah istilah untuk peradangan prostat yang sering disebabkan infeksi. Infeksi prostat dapat menyebar ke skrotum (kantung zakar).

Baca Juga: Pijat Prostat, Bisakah Atasi Masalah Seksual Pria?

Gejala Infeksi Prostat pada Laki-laki

Infeksi prostat memiliki kadar dan jenis berbeda. Kategori yang paling ringan dari kondisi ini adalah asymptomatic inflammatory prostatitis atau prostatitis dengan peradangan tanpa gejala.

Sesuai namanya, penderita tidak akan menunjukkan tanda-tanda layaknya kategori prostatitis lainnya. Peradangan diketahui saat air mani diperiksa.

Umumnya jenis tersebut tidak membutuhkan terapi, kecuali bila peradangan ditemukan pada pasien yang juga mengalami kemandulan.

Baca Juga: Pembesaran Prostat, Haruskah Dioperasi?

Pada infeksi prostat yang akut dan kronis, ciri-ciri gangguan prostat yang bisa terjadi yaitu:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)