Mengenal Water Vapor Thermal Therapy, Metode Pengobatan untuk Pembesaran Prostat Jinak

Kamis, 28 Maret 2024 - 23:23 WIB
loading...
Mengenal Water Vapor Thermal Therapy, Metode Pengobatan untuk Pembesaran Prostat Jinak
Pembesaran prostat merupakan hal yang umum terjadi pada dekade kelima seorang pria, dengan insidensi mencapai hampir 50%. Foto Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pembesaran prostat merupakan hal yang umum terjadi pada dekade kelima seorang pria, dengan insidensi mencapai hampir 50%.

Prostat adalah organ yang hanya dimiliki oleh laki-laki, terletak jauh di dalam rongga panggul di antara penis dan kandung kemih. Organ ini berfungsi sebagai kelenjar yang akan menghasilkan cairan prostat dan bersama dengan cairan dari kelenjar sekitar (vesikula seminalis), akan mengisi lebih dari 90% cairan mani/semen.

Spesialis Urologi RS Abdi Waluyo (RSAW) dr. Adistra Imam Satjakoesoemah, SpU, FICS, menerangkan, kompleks cairan tersebut berisi nutrisi yang akan digunakan sperma untuk bertahan hidup dan membuahi sel telur/ovum.

"Jadi sejatinya, cairan mani dan cairan sperma itu hal yang berbeda. Cairan sperma hanya mengisi sekitar kurang dari 5% cairan mani, sisanya merupakan cairan prostat dan kelenjar sekitar,” katanya dalam acara media gathering di Jakarta, Kamis (28/3/2024).
Mengenal Water Vapor Thermal Therapy, Metode Pengobatan untuk Pembesaran Prostat Jinak

Penjelasan para ahli dari RS Abdi Waluyo tentangWater Vapor Thermal Therapy. Foto/Istimewa

Tepat di bagian tengah prostat, tambahnya, terdapat saluran kencing/urethra. Selain itu, terdapat pula katup kencing bagian dalam (internal sphincter) yang menempel pada prostat dan berfungsi untuk mengatur aliran keluar cairan ejakulasi dan air kencing. Akibatnya, jika terjadi pembesaran pada prostat, ini bisa menyebabkan sumbatan dan gangguan pada proses kencing.



”Prostat pada dasarnya merupakan organ seksual pria. Oleh karena itu, segala pengobatan gangguan prostat dapat menimbulkan gangguan fungsi seksual pada pria. Pada prinsipnya, pengobatan gangguan berkemih akibat pembesaran prostat itu bertujuan untuk mengontrol atau mengurangi pertumbuhan prostat dan melancarkan aliran kencing," terang dr. Adistra.

Prostat tumbuh dari stimulasi zat yang bernama Dihidrotestosterone (DHT), yang merupakan produk turunan dari hormon testosteron. Hormon testosteron sendiri merupakan hormon kepriaan yang bertugas terutama untuk menjaga fungsi seksual pria.

Di RSAW, pengobatan minimal invasif pembesaran prostat yang diunggulkan saat ini adalah Water Vapor Thermal Therapy dan operasi Laser Prostat. Keduanya merupakan benchmark tertinggi yang ada dunia saat ini untuk pengobatan pembesaran prostat.

"Salah satu inovasi terbaru pengobatan pembesaran prostat jinak yang sudah tersedia di RS Abdi Waluyo saat ini adalah Water Vapor Thermal Therapy. Terapi ini menggunakan frekuensi radio untuk menciptakan energi dalam bentuk uap air. Dengan bantuan instrumen khusus yang ada pada terapi tersebut dan kamera kecil yang dimasukkan ke dalam uretha, uap panas akan disuntikkan langsung ke dalam prostat pasien secara presisi," beber dr. Adistra.

Uap panas tersebut akan menimbulkan kematian sel prostat secara luas dan merata. Sel-sel yang mati perlahan akan diserap oleh tubuh, dalam 2 sampai 4 minggu keluhan pasien akan membaik, dan hasil paling optimal akan didapat sekitar 1-3 bulan pasca tindakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0801 seconds (0.1#10.140)